MILLATUN HUSNIA, 126407203021 (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA (Studi Kasus Pada CV. Sigit Rahayu Travel Tulungagung). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
![]() |
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha (Studi Kasus Pada CV. Sigit Rahayu Travel Tulungagung)" ini ditulis oleh Millatun Husnia, NIM. 126407203021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Pariwisata Syariah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Globalisasi yang semakin maju menjadikan persaingan pasar semakin sengit maraknya pelayanan jasa travel yang lokasinya berada pada lingkungan yang sama memaksa para pelaku usaha untuk menghadapi persaingan agar tetap bisa bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran pada CV. Sigit Rahayu Travel dan kendala yang dihadapi oleh CV. Sigit Rahayu Travel dalam menghadapi persaingan dengan usaha sejenis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan datanya yakni teknik wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Partisipan penelitian berjumlah 4 orang yang dapat dijadikan sebagai data penelitian dalam wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran dan upaya untuk kendala yang dihadapi pada CV. Sigit Rahayu Travel Tulungagung dalam menghadapi persaingan dengan usaha sejenis adalah menggunakan strategi bauran pemasaran 7P yaitu bauran produk dengan menjual beragam jenis pelayanan jasa. Bauran harga yaitu harga yang ditawarkan terjangkau. Bauran tempat yakni lokasi strategis dan mudah diakses dengan tempat parkir luas dan keamanan cukup terjamin. Bauran promosi yang dilakukan yaitu menawarkan melalui sosial media WhatsApp, Facebook, dan Instagram dan memberikan potongan harga. Bauran orang dengan memberikan pelayanan ramah dan sopan. Bauran proses dengan memberikan proses online transaksi mudah, cepat dan teliti. Bauran bukti fisik dengan daya tarik tampilan tempat yang luas, proses pelayanan jasa dapat dilakukan melalui online maupun offline. Sarana prasarana yang digunakan untuk penunjang kegiatan usaha memadai. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, Biro perjalanan, Persaingan Usaha.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pariwisata > Paket Wisata Pariwisata |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
Depositing User: | 126407203021 MILLATUN HUSNIA |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 05:08 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 05:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |