PERUBAHAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL PADA JENJANG MADRASAH IBTIDAIYAH (studi di MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar dan MI Al Muhajirin II Latukan Karanggeneng Lamongan)

LATIF SYAIPUDIN, 12502185011 (2025) PERUBAHAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL PADA JENJANG MADRASAH IBTIDAIYAH (studi di MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar dan MI Al Muhajirin II Latukan Karanggeneng Lamongan). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi digital yang semakin canggih menyebabkan pendidikan dituntut untuk mengikuti perkembanganya. Utamanya pendidikan Islam yang masih memiliki banyak problematika dalam menerapkan pendidikan Islam tetapi juga harus mengikuti arus perkembangan zaman dengan basis digital. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis respon madrasah terkait pendidikan di era digital pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah. 2) Untuk menganalisis problematika perubahan pendidikan Islam di era digital pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah. 3) Untuk menganalisis dampak perubahan pendidikan Islam di era digital pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan sesuai teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu: 1) Problematika perubahan pendidikan Islam di era digital pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah yaitu ketika dikelompokkan persoalan pada sumber daya manusia, fasilitas atau sarana siswa, ketersediaan internet, hingga lingkungan belajar. Meresepon persoalan tersebut seorang guru harus mampu menjadi teladan, memberikan bimbingan kepada siswa, dan mendorong mereka untuk memanfaatkan produk digital tersebut secara positif guna meningkatkan standar pendidikannya. 2) Respon madrasah terkait kegiatan yang dihasilkan dari perkembangan era digital yaitu melaksanakan evaluasi, mengikuti perubahan, dan berupaya meningkatkan kualitas SDM. Peluang-peluang yang ada menjadi modal dan kesempatan berharga bagi pendidikan Islam agar dapat menampilkan dirinya sebagai sebuah keunggulan di tengah-tengah aneka peradaban global. 3) Dampak perubahan harus dilaksanakan adaptasi perubahan zaman, kemajuan sistem pendidikan, dan integrasi pendidikan era digital. Pendidikan Islam di era modern sangat bermanfaat dalam mengembangkan pribadi-pribadi yang secara konsisten menunjukkan sifat-sifat baik seperti taqwa, iman, dan akhlak. Ajaran Islam tradisional, orang yang berkarakter kuat lebih cenderung menegakkan prinsip-prinsip agamanya ketika dihadapkan pada berbagai perubahan, kesulitan, dan ancaman baik di lingkungan kelas, sekolah, keluarga hingga masyarakat.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Studi Islam Interdisipliner
Depositing User: 12502185011 LATIF SYAIPUDIN
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:00
Last Modified: 26 Jun 2025 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58464

Actions (login required)

View Item View Item