WILDAN FIRMANSYAH, 126308211080 (2025) EFEKTIVITAS TERAPI FILM TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA-SISWI YATIM MTS MIFTAHUL AFKAR KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Siswa-siswi yatim sering menghadapi hambatan dalam membangun motivasi berprestasi dan kepercayaan diri akibat ketiadaan dukungan orang tua. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan pendekatan, salah satunya terapi film. Melalui alur cerita yang inspiratif, film dapat menjadi media reflektif yang membantu siswasiswi memahami potensi diri dan menumbuhkan semangat positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi film terhadap motivasi berprestasi dan kepercayaan diri siswa-siswi yatim di MTs Miftahul Afkar Kediri. Penelitian ini juga menilai tingkat keefektivan terapi film sebagai bentuk intervensi terhadap motivasi berprestasi dan kepercayaan diri siswa-siswi yatim MTs Miftahul Afkar Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek terdiri dari tujuh siswa-siswi yatim dengan tingkat motivasi berprestasi dan kepercayaan diri rendah hingga sedang. Intervensi dilakukan dalam tiga sesi pemutaran film bertema motivasi berprestasi dan kepercayaan diri, dilengkapi diskusi reflektif. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pretest dan posttest. Hasil menunjukkan peningkatan skor rata-rata motivasi berprestasi (43,86 menjadi 54,86) dan kepercayaan diri (77,43 menjadi 87,43). Uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,05), meskipun analisis N-Gain menunjukkan efektivitas sedang pada motivasi berprestasi (g = 0,3236) dan rendah pada kepercayaan diri (g= 0,2311). Terapi film berpengaruh positif, namun efektivitasnya masih perlu ditingkatkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308211080 WILDAN FIRMANSYAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:49 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |