PENGARUH MODEL KOOPERATIF TYPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN

NINDY MEI SHAHRINA, 126205211050 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TYPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (449kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Kooperatif (Type Group Investigation) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran IPAS Di MI Thoriqul Huda Kromasan” ditulis oleh Nindy Mei Shahrina, NIM. 126205211050, dengan pembimbing Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Berpikir kritis, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kesulitan dalam memahami materi pelajaran khususnya IPAS dan rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru bersifat konvensional yaitu dominasi ceramah dan mengerjakan latihan soal.Dengan ini model Kooperatif (Type Group Investigation) diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1)mengetahui pengaruh signifikan dalam penggunaan model Kooperatif (Type Group Investigation) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (2) mengetahui pengaruh signifikan dalam penggunaan model Kooperatif (Type Group Investigation) terhadap motivasi belajar siswa (3) mengetahui pengaruh signifikan dalam penggunaan model Kooperatif (Type Group Investigation) terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPAS MI Thoriqul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain Non Equivalen Control Group Design populasi dalam penelitian ini adalah 41 siswa dengan sampel yang digunakan yakni 21 siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yakni purposive sampling yakni teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan soal tes belajar. Teknik analisis uji instrumen dalam penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas serta analisis uji hipotesis menggunakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan, (1) ada pengaruh penggunaan model kooperatif (Type Group Investigation) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS MI Thoriqotul Huda Kromasan yang dibuktikan dengan nilai sig. 0,000<0,5 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. (2) ada pengaruh penggunaan model kooperatif (Type Group Investigation) terhadap motivasi siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS MI Thoriqotul Huda Kromasan yang dibuktikan dengan nilai sig. 0,030<0,5 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. (3) ada pengaruh penggunaan model kooperatif (Type Group Investigation) terhadap kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS MI Thoriqul Huda Kromasan yang dibuktikan dengan nilai sig. 0,000<0,5 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211050 NINDY MEI SHAHRINA
Date Deposited: 23 Jun 2025 12:30
Last Modified: 23 Jun 2025 12:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58500

Actions (login required)

View Item View Item