ANI MAU’IDHOTUN KHASANAH, 126204203147 (2024) KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (720kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa pada Materi SPLDV Kelas VIII MTsN 5 Kediri”, ini ditulis oleh Ani Mau’idhotun Khasanah, NIM. 126204203147, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Disposisi Matematis, SPLDV Konteks penelitian dalam skripsi ini membahas tentang kemampuan pemahaman matematis siswa. Kemampuan tersebut merupakan kemampuan seseorang mengubah soal dalam bentuk kata-kata menjadi simbol, kemampuan menggunakan konsep-konsep yang tepat dalam menyelesaikan soal, dan kemampuan menerapkan konsep-konsep dalam perhitungan matematis. Dengan demikian, kemampuan pemahaman matematis dapat membantu seseorang untuk mengetahui apa yang dipelajari, langkah-langkah yang dilakukan, dan dapat menggunakan konsep matematika dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis tinggi. (2) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis sedang. (3) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII J MTsN 5 Kediri. Pegumpulan data dengan pemberian angket disposisi matematis, pemberian soal tes, dan wawancara. Pemberian angket berguna untuk mengukur tingkat disposisi matematis siswa. kemudian dipilih maisng-masing 2 siswa untuk mewakili setiap tingkatan disposisi tinggi, sedang, dan rendah, serta diwawancarai mengenai kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Subjek dengan disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan pamahaman matematis yang baik karena mampu memenuhi semua indikator pemahaman matematis. (2) Subjek dengan disposisi matematis sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis cukup baik, karena kurang mampu memenuhi semua indikator pemahaman matematis. (3) Subjek dengan disposisi matematis rendah memiliki kemampuan pemahaman matematis yang cukup, karena kurang mampu memenuhi semua indikator pemahaman matematis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203147 ANI MAU'IDHOTUN KHASANAH |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 12:06 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 12:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |