KEYAKINAN DIRI SISWA SLOW LEARNER (Studi Kasus Pada Siswa Slow Learner di Sekolah Inklusi SMP Islam Al-Azhar Tulungagung)

MUHAMMAD FATCHURRIDWAN MUSTHOFA, 126306203123 (2025) KEYAKINAN DIRI SISWA SLOW LEARNER (Studi Kasus Pada Siswa Slow Learner di Sekolah Inklusi SMP Islam Al-Azhar Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (646kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keyakinan Diri Siswa Slow Learner (Studi Kasus Pada Siswa Slow Learner di Sekolah Inklusi SMP Islam Al-Azhar Tulungagung)”, ditulis oleh Muhammad Fatchurridwan Musthofa, NIM 126306203123. Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Sholihuddin Zuhdi, M. Pd. Program Studi Bimbingan Konseling Islam Jurusan Dakwah Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Tahun 2025. Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Keyakinan Diri, Sekolah Inklusi Anak-anak berkebutuhan khusus dengan keterbatasannya memiliki beberapa kesulitaan saat mengikuti pembelajaran dengan sistem reguler. Namun semua keterbatasan itu tentu akan mudah dilalui jika dalam diri siswa slow learner memiliki keyakinan diri yang tinggi bahwa mereka bisa belajar bersama melawan keterbatasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keyakinan diri pada siswa slow learner dalam melaksanakan pendidikan di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keyakinan diri pada siswa slow learner dalam melaksanakan pendidikan di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus kualitatif. Hasil dari penelitian ini dengan subjek Siswa (Slow Learner) dengan aspek keyakinan diri albert bandura adalah: Dalam aspek tingkatan, diperlukan penyesuaian tugas, dukungan sosial dan penggunaan alat bantu, serta pendekatan fleksibel untuk meningkatkan keyakinan diri siswa. Dalam aspek kekuatan, dukungan sosial dan pendekatan, strategi coping, penyesuaian tugas dan pemberian tambahan waktu, serta keberanian untuk meminta bantuan memperlihatkan bahwa kekuatan diri dapat diperkuat melalui interaksi sosial dan penggunaan sumber daya yang ada. Dalam aspek generalisasi, siswa mampu menggeneralisasi keyakinan diri dalam berbagai situasi, membutuhkan dukungan sosial dan instruksi yang jelas, focus terhadap cara-cara mengatasi hambatan, serta dapat menghadapi kegagalan dengan percaya diri dengan mengembangkan strategi pemecahan masalah dan mencari bantuan jika diperlukan

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Psikologi > Psikologi kepribadian
Psikologi > Psikologi pendidikan
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306203123 MUHAMMAD FATCHURRIDWAN MUSTHOFA
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:32
Last Modified: 25 Jun 2025 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58503

Actions (login required)

View Item View Item