MUHAMMAD FATCHURRIDWAN MUSTHOFA, 126306203123 (2025) KEYAKINAN DIRI SISWA SLOW LEARNER (Studi Kasus Pada Siswa Slow Learner di Sekolah Inklusi SMP Islam Al-Azhar Tulungagung). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keyakinan Diri Siswa Slow Learner (Studi Kasus Pada Siswa Slow Learner di Sekolah Inklusi SMP Islam Al-Azhar Tulungagung)”, ditulis oleh Muhammad Fatchurridwan Musthofa, NIM 126306203123. Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Sholihuddin Zuhdi, M. Pd. Program Studi Bimbingan Konseling Islam Jurusan Dakwah Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Tahun 2025. Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Keyakinan Diri, Sekolah Inklusi Anak-anak berkebutuhan khusus dengan keterbatasannya memiliki beberapa kesulitaan saat mengikuti pembelajaran dengan sistem reguler. Namun semua keterbatasan itu tentu akan mudah dilalui jika dalam diri siswa slow learner memiliki keyakinan diri yang tinggi bahwa mereka bisa belajar bersama melawan keterbatasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keyakinan diri pada siswa slow learner dalam melaksanakan pendidikan di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keyakinan diri pada siswa slow learner dalam melaksanakan pendidikan di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus kualitatif. Hasil dari penelitian ini dengan subjek Siswa (Slow Learner) dengan aspek keyakinan diri albert bandura adalah: Dalam aspek tingkatan, diperlukan penyesuaian tugas, dukungan sosial dan penggunaan alat bantu, serta pendekatan fleksibel untuk meningkatkan keyakinan diri siswa. Dalam aspek kekuatan, dukungan sosial dan pendekatan, strategi coping, penyesuaian tugas dan pemberian tambahan waktu, serta keberanian untuk meminta bantuan memperlihatkan bahwa kekuatan diri dapat diperkuat melalui interaksi sosial dan penggunaan sumber daya yang ada. Dalam aspek generalisasi, siswa mampu menggeneralisasi keyakinan diri dalam berbagai situasi, membutuhkan dukungan sosial dan instruksi yang jelas, focus terhadap cara-cara mengatasi hambatan, serta dapat menghadapi kegagalan dengan percaya diri dengan mengembangkan strategi pemecahan masalah dan mencari bantuan jika diperlukan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Psikologi > Psikologi kepribadian Psikologi > Psikologi pendidikan Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306203123 MUHAMMAD FATCHURRIDWAN MUSTHOFA |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:32 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |