AIDAH SALSABILA ANFIQ, 126103211010 (2025) PROBLEMATIKA PELAYANAN ADMINISTRASI KARTU KELUARGA DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN SIYASAH IDARIYAH (Studi Kasus Di Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas problematika pelayanan administrasi Kartu Keluarga (KK) di Desa Tapen dalam perspektif hukum positif dan siyasah idariyah. Berdasarkan hasil temuan lapangan, pelayanan administrasi KK belum sepenuhnya sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Masyarakat masih menghadapi berbagai kendala seperti keterlambatan penyelesaian dokumen, informasi yang tidak jelas, ketidakhadiran petugas saat jam pelayanan, serta fasilitas yang tidak ramah kelompok rentan. Permasalahan tersebut mencerminkan pelanggaran terhadap asas kepastian hukum dan hak atas pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana Problematika pelayanan administrasi kartu keluarga dalam perspektif hukum positif di Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang? (2) Bagaimana Solusi atas masalah problematika pelayanan administrasi kartu keluarga di Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang? (3) Bagaimana pelayanan administrasi kartu keluarga di Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang dalam perspektif siyasah idariyah?. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian yuridis empiris yang dilakukan dengan penulis melakukan pendekatan penelitian yang berfokus pada pengamatan dan analisis terhadap fenomena hukum dalam konteks sosial yang nyata. Lokasi penelitian ini berada di Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Sumber data berasal dari data primer, data sekunder dan data tersier. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa mengumpulkan data, kondensasi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Serta yang terakhir pengecekan keabsahan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelayanan Administrasi Kartu Keluarga Di Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang belum berjalan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Ditemukan beberapa problematika di masyarakat, seperti keterlambatan proses, kurangnya kejelasan prosedur, ketidakhadiran petugas, serta fasilitas yang belum ramah bagi kelompok rentan. (2) Adapun solusi yang diupayakan meliputi peningkatan sistem digital, perbaikan jaringan, penambahan petugas, penyediaan media informasi tertulis, serta peningkatan edukasi masyarakat. (3) Dalam perspektif siyasah idariyah, pelayanan ini juga belum mencerminkan prinsip kesederhanaan, kecepatan, dan profesionalisme. Pembenahan tata kelola pelayanan berbasis nilai-nilai etika pelayanan Islam diharapkan dapat mewujudkan pelayanan publik yang efektif, cepat, adil, dan berorientasi pada kemaslahatan umat seperti dalam Q.S Al-Mu’minun ayat 8.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Tata Negara > Desa |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara |
Depositing User: | 126103211010 AIDAH SALSABILA ANFIQ |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 12:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 12:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |