PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMART CLASS (KELAS UNGGULAN) DI SMP NEGERI 3 KOTA KEDIRI

VIVI NURAINI, 2811133272 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMART CLASS (KELAS UNGGULAN) DI SMP NEGERI 3 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (458kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Smart Class (Kelas Unggulan) di SMP Negeri 3 Kota Kediri” ini ditulis oleh Vivi Nuraini, pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan yang sangat penting dalam menciptakan output yang baik dan berkualitas, dalam buku wina sanjaya, ketika ilmu pengetahuan dan tehnologi berkembang sangat pesat, proses pembelajaran tidak dimonopoli oleh adanya kehadiran guru di dalam kelas, siswa dapat belajar sesuai dengan minat dan gaya belajar siswa. Sehingga diperlukan peran seorang guru dalam memberikan sesuatu yang baru agar peserta didik lebih semangat dan termotivasi untuk belajar dengan mengikuti perkembangan zaman tehnologi yang ada. Penelitian ini mendiskripsikan tentang penggunaan media pembelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa smart class (kelas unggulan) di SMP Negeri 3 Kota Kediri. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini (1) adalah Bagaimana penggunaan media pembelajaran audio PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Smart Class (Kelas Unggulan) di SMP Negeri 3 Kota Kediri, (2) Bagaiamana penggunaan media pembelajaran visual PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Smart Class (Kelas Unggulan) di SMP Negeri 3 Kota Kediri, (3) Bagaimana penggunaan media pembelajaran audiovisual PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Smart Class (Kelas Unggulan) di SMP Negeri 3 Kota Kediri Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif – deskripstif. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Desain study kasus menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, verifikasi. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan media audio adalah guru menggunakan media speaker aktif khususnya untuk materi bacaan al-quran dalam hal ini penggunaan media speaker aktif dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dan siswa lebih memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, guru harus mampu menggunakan atau mengoperasikan media pembelajaran dan guru harus menyesuaikan antara materi dengan media pembelajaran audio, (2) Pembelajaran dengan menggunakan media visual adalah guru menggunakan media pembelajaran visual gambar dan visual slide, seperti gambar animasi tatacara berwudhu dan powerpoint dan penggunaan media pembelajaran khususnya visual dapat meningkatkan motivasi belajar anak dan cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan (3) Pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual adalah guru dalam penggunaan media pembelajaran audio visual menggunakan video dan film, selain itu ada guru yang menayangkan video materi pembelajaran dengan handphone dalam hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa dengan mudah memahami pelajaran, Faktor pendukung penggunaan media pembelajaran, siswa di smart class sangat aktif, sarana dan prasarananya ada, dan RPP. Sedangkan faktor penghambatnya, penyimpanan alat-alatnya, kerusakan media dikarenakan ulahsiswa, media di sekolah jumlahnya terbatas jadi harus bergantian. dan guru harus menyesuaikan antara materi dengan media pembelajaran yang akan digunakan agar pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133272 VIVI NURAINI
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:48
Last Modified: 23 Aug 2017 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item View Item