LIA RAHMAWATI, 2817133090 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (75kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Download (158kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Download (118kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Download (24kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Download (9kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Lia Rahmawati, NIM. 2817133090, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S. Pd., MM. Kata Kunci: Kooperatif, Talking Stick, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya pembelajaran Akidah Akhlak yang menerapkan pembelajaran secara konvensional. Dengan pembelajaran konvensional, membuat peserta didik kurang aktif dan menjadikan hasil belajar peserta didik rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick ini diharapkan mampu membuat peserta didik lebih memahami materi sehingga hasil belajar dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling dengan Nonprobability Sampling dan populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IVMI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni IV-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 18peserta didik dan IV-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan metode post test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Dan perhitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya penggaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik pada materi indahnya berperilaku terpuji kelas IV MI Darussalam Ngentrong. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,923 > ttabel = 2,021 pada taraf signifikan 5%.(2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik pada materi indahnya berperilaku terpuji kelas IV MI Darussalam Ngentrong adalah 1,25 di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s 88% tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133090 LIA RAHMAWATI |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 03:45 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 03:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5858 |
Actions (login required)
View Item |