IZZA AMIRUL FADHILAH, 126211211016 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global Kelas X SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Izza Amirul Fadhilah, NIM. 126211211016, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Berfikir Kritis, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan kondisi siswa yang masih kesulitan untuk memberikan penjelasan sederhana, belum mampu memberikan argumennya maupun mengembangkan kemampuannya secara mandiri pada saat menyelesaikan suatu permasalahan, sehingga dapat menyebabkan rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa. Mereka juga cenderung pasif dikelas, kurang bertanya, terlihat kurang menyukai pembelajaran, tidak memiliki rasa penasaran atau rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang diajarkan dan masih malas dalam mengerjakan tugas dari guru bahkan menunggu dibahas bersama-sama. Keadaan ini menunjukkan bahwa siswa masih memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi pemanasan global kelas X SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 315 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-C berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-D berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (Normalitas dan Homogenitas), dan uji hipotesis (uji T dan Manova). Hasil penelitian ini menunjukkan:1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pemanasan global kelas X SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek berdasarkan uji t dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada materi pemanasan global kelas X SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek berdasarkan uji t dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi pemanasan global kelas X SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek berdasarkan uji Manova dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211016 IZZA AMIRUL FADHILAH |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:40 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |