ST MIFTAKHUL JANAH, 126205213241 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MATH BOARD MULTIPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Math Board Multiplication untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Kelas III Di MI Al Hidayah 02 Betak” yang ditulis oleh St Miftakhul Janah, NIM 126205205213241, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Dosen Pembimbing Dr. Susanto, M.Or. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika Penelitian ini didasarkan atas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan pembelajaran konvensional melalui metode ceramah. Dalam proses pembelajaran guru belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Hal tersebut menjadikan proses pembelajaran menjadi monoton. Selain itu, siswa juga merasa kesulitan dalam memahami materi, sehingga akan berdampak buruk bagi kemampuan berpikir kritis siswa. Maka dari itu guru perlu menerapkan media pembelajaran yang bervariatif dan sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Math Board Multiplication dalam kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas III di MI Al Hidayah 02 Betak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di MI AL Hidayah 02 Betak dengan sampel kelas A dan kelas B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (uji homogenitas, uji normalitas) dan uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil dari penelitian ini yaitu; ada pengaruh penggunaan media Math Board Multiplication dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III MI Al Hidayah 02 Betak. Diartikan sesuai dengan kriteria bahwa 0.000 < 0.05. Maka dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205213241 ST MIFTAKHUL JANAH |
Date Deposited: | 27 Jun 2025 04:55 |
Last Modified: | 27 Jun 2025 04:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |