TIKA ULANDARI, 126209211042 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTs SYEKH SUBAKIR 02 SUMBERASRI NGLEGOK KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (817kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Ips Dengan Metode Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Syekh Subakir 02 Sumberasri Nglegok Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Tika Ulandari, NIM : 126209211042, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatul lah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata kunci : Implementasi, Problem Based Learning (PBL), Minat Belajar, IPS, Pembiasaan Diri Melestarikan Lingkungan. Problem Based Learning (PBL) adalah suatu metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Menekankan dengan berbagai pemecahan masalah nyata sebagai fokus utama pembelajaran. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, serta kemampuan berkolaborasi dalam menemukan dan menerapkan solusi yang tepat. MTs Syekh Subakir 02 Sumberasri adalah salah satu madrasah yang telah mengimplementasikan metode PBL dalam proses pembelajarannya. Fokus utama dalam penelitian ini mencakup tiga aspek penting, yaitu: 1) bagaimana proses perencanaan pembelajaran IPS dengan penerapan metode PBL dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi Pembiasaan Diri Melestarikan Lingkungan, 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan metode PBL dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi tersebut, serta 3) bagaimana evaluasi pembelajaran IPS yang menggunakan metode PBL dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa pada materi pembiasaan diri melestarikan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Syekh Subakir 02 Sumberasri. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, guru mata pelajaran IPS, dan wakil kepala bidang kurikulum. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi guna mendapatkan gambaran yang jelas mengenai perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran berbasis PBL di sekolah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PBL telah memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa. Namun, terdapat beberapa kendala dalam implementasi metode ini, seperti perbedaan tingkat pemahaman siswa, keterbatasan waktu pembelajaran, dan kurangnya kepercayaan diri dalam menyampaikan hasil diskusi. Untuk mengatasi kendala tersebut, pihak sekolah dan guru telah melakukan berbagai upaya, seperti memberikan bimbingan tambahan bagi siswa yang mengalami kesulitan, menyediakan sumber belajar yang lebih variatif, serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran berbasis PBL. Evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan mendorong mereka untuk lebih peduli terhadap pelestarian lingkungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211042 TIKA ULANDARI |
Date Deposited: | 27 Jun 2025 05:05 |
Last Modified: | 27 Jun 2025 05:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |