PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA MTsN 1 TULUNGAGUNG

VINA NURUL FAUZIYAH, 126306201037 (2024) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (13MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (13MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Academic Burnout pada Siswa MTsN 1 Tulungagung” yang ditulis oleh Vina Nurul Fauziyah, dengan NIM 126306201037. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung dengan Dosen Pembimbing Ibu Febranti Putri Navion, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah masalah yang dialami siswa ketika belajar di kelas pada siswa MTsN 1 Tulungagung adalah adanya academic burnout dimana siswa merasa kelelahan secara fisik dan mental akibat tuntutan akademik, bersikap apatis dan merasa tidak kompeten menjadi siswa. Hal ini terjadi karena tingkat self regulated learning rendah sehingga tujuan pembelajaran tidak diraih dengan baik. Tanpa adanya self regulated learning yang tepat akan menjadi suatu permasalahan yang serius dalam tujuan akademiknya. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui tingkat self regulated learning pada siswa MTsN 1 Tulungagung, Untuk mengetahui tingkat academic burnout pada siswa MTsN 1 Tulungagung, Untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari self regulated learning terhadap academic burnout pada siswa MTsN 1 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis regresi linier sederhana. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 292 responden dengan jumlah populasi 1.076 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratefied random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat self regulated learning pada siswa MTsN 1 Tulungagung dengan nilai rata-rata 194 (sedang) yang diketahui dari 292 responden, didapatkan hasil 45 (15%) berkategori rendah, 194 (66%) berkategori sedang dan 53 (18%) berkategori tinggi. Tingkat academic burnout pada siswa MTsN 1 Tulungagung dengan nilai rata-rata 198 (sedang), diketahui dari 292 responden, didapatkan hasil 41 (14%) berkategori rendah, 198 (68%) berkategori sedang, 53 (18%) berkategori tinggi. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diperoleh nilai koefisiensi sebesar -0,534 dengan nilai signifikansi 0,000. Artinya, self regulated learning berpengaruh negatif terhadap academic burnout. Apabila self regulated learning meningkat maka, academic burnout akan menurun, begitupun sebaliknya. Kata Kunci : Self Regulated Learning, Academic Burnout

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kenakalan Remaja
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306201037 VINA NURUL FAUZIYAH
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:23
Last Modified: 30 Jun 2025 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58622

Actions (login required)

View Item View Item