SITI MELIHA, 126205212145 (2025) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (733kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (681kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Meliha , NIM 126205212145, pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran. Guru berperan dalam menentukan strategi, metode, dan model pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pebelajaran, guru perlu menguasai kompetensi yang sesuai dengan tugas mengajarnya, salah satunya kompetensi pedagogik yaitu kemampuan merencanakan program pembelajaran. Pembelajaran yang dirancang dengan baik berpotensi meningkatkan motivasi belajar dan dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan pembelajaran, salah satunya kemampuan berpikir kritis. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik MI di MIN 7 Tulungagung, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MI di MIN 7 Tulungagung, (3) untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 7 Tulungagung yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 71 peserta didik dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Adanya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap tingkat motivasi belajar siswa di MIN 7 Tulungagung. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diketahui nilai signifikansi sebesar <0,001<0,05 dan berdasarkan nilai Thitung 4,613> Ttabel 2,013. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak (2) Adanya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MIN 7 Tulungagung. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diketahui nilai signifikansi sebesar 0,005<0,05 dan berdasarkan nilai Thitung 2,963> Ttabel 2,013. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak (3) Besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik di MIN 7 Tulungagung adalah 32,1%, Sedangkan besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di MIN 7 Tulungagung adalah 16,3%berdasarkan hasil koefisiensi determinasi (R Square).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Guru Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212145 SITI MELIHA |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:10 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 02:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |