SYARWANTI LAELA NURAINI, 126211211034 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS PRAKTIKUM SEDERHANA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (660kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Syarwanti Laela Nuraini, NIM,126211211034. 2025. Pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis praktikum sederhana terhadap penguasaan konsep dan motivasi belajar materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi. Program Studi Tadris Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si, M.Pd Kata Kunci: Student Teams Achievement Division, Praktikum Sederhana, Penguasaan Konsep, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya penguasaan konsep dan motivasi belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran selalu didominasi oleh guru (teacher-centered) yang menjadikan peserta didik kurang memahami konsep materi dan kurang termotivasi dalam pembelajaran. Alternatif yang dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif sehingga peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan motivasi belajar peserta didik yaitu model pembelajaran koopertif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Model pembelajaran tersebut menekankan pada proses kerjasama pada suatu kelompok untuk mencapai tujuan yang sama. Dengan pembelajaran ini serta memanfaatkan kegiatan praktikum sederhana dapat membantu proses pembelajaran materi getaran dan gelombang yang dianggap sulit peserta didik menjadi mudah dan menarik. Oleh karena itu, model STAD berbasis praktikum sederhana diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep dan motivasi belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis praktikum sederhana terhadap motivasi belajar materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis praktikum sederhana terhadap penguasaan konsep materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis praktikum sederhana terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 248 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 63 yang terdiri dari kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 peserta didik dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data pada instrumen yakni uji validitas dan reliabilitas, pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji T dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis praktikum sederhana terhadap penguasaan konsep materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,043 < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. (2) ada pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis praktikum sederhana terhadap motivasi belajar materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. (3) ada pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis praktikum sederhana terhadap penguasaan konsep dan motivasi belajar materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji MANOVA menunjukkan signifikasi nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211034 SYARWANTI LAELA NURAINI |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:26 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |