NAINA UMATUL CHOIRIYAH, 126201212108 (2025) IMPLEMENTASI METODE KISAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DARUSSALAM ARIYOJEDING TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Kisah Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung” ditulis oleh Naina Umatul Choiriyah, NIM 126201212108, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Mohammad Ja’far As-Shodiq S.kom., M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi Metode Kisah, Sejarah Kebudayaan Islam Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) memiliki peran penting sebagai sumber pelajaran dan hikmah yang bermanfaat bagi kehidupan. Namun, pelajaran SKI sering dianggap membosankan dan kurang diminati peserta didik karena metode pengajaran yang monoton dan terlalu menekankan pengetahuan teoritis saja. Untuk mengatasi hal tersebut, metode kisah dapat diimplementasikan sebagai alternatif pengajaran efektif dengan menyajikan materi secara menarik dan mudah dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa. Adapun pertanyaan penelitian adalah (1) Bagaimana desain pembelajaran metode kisah dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran SKI di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung? (2) Bagaimana bentuk elaborasi penerapan metode kisah dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan pemahaman siswa di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung? (3) Bagaimana bentuk umpan balik terhadap implementasi metode kisah dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran SKI di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain, elaborasi, dan umpan balik dari metode kisah dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan kulitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis melalui prosedur Miles dan Hubermen yang mencakup reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility) dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Desain meliputi penentuan kebutuhan belajar, penguasaan materi bagi guru dan mempelajari materi bagi siswa, pengembangan strategi penyampaian kisah yang tepat, serta menyusun modul ajar atau RPP komprehensif. (2) Elaborasi mencakup tiga mengikuti tiga tahapan sistematis diantaranya kegiatan pembuka, kegiatan Inti yang meliputi literasi, eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, serta kegiatan penutup. (3) Umpan balik dilakukan mencakup tiga aspek diantaranya penilaian kognitif dilakukan secara formatif dan sumatif melalui tugas individu, kuis dan ulangan harian. Penilaian psikomotorik diambil dari hasil kerja kelompok, sedangkan penilaian afektif atau sikap diperoleh dari pengamatan perilaku siswa selama pembelajaran. Meskipun memiliki keterbatasan waktu dalam penyampaian materi dan terdapat risiko perbedaan interpretasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode kisah berhasil meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI yang ditunjukan dengan pencapaian nilai siswa yang mayoritas tuntas atau berada diatas KKM.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212108 NAINA UMATUL CHOIRIYAH |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:38 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |