THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING HABITS, VOCABULARY MASTERY, AND THEIR READING COMPREHENSION OF EIGHTH GRADE STUDENTS AT MTS AL HUDA BANDUNG

NELA AMANDA AGUSTIN, 126203202128 (2024) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING HABITS, VOCABULARY MASTERY, AND THEIR READING COMPREHENSION OF EIGHTH GRADE STUDENTS AT MTS AL HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Amanda A., Nela. NIM 12603202128. 2024. Hubungan antara kebiasaan membaca, penguasaan kosakata dan pemahaman bacaan siswa kelas VIII Mts Al Huda Bandung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd Kata Kunci : Korelasi, Kebiasaan Membaca, Penguasaan Kosakata, Pemahaman Membaca adalah proses aktif yang terdiri dari keterampilan pengenalan dan pemahaman. Lone (2011, p.1) mengatakan bahwa membaca adalah kemampuan untuk mengenali, dan menelaah kata-kata atau kalimat serta memahami informasi. Dalam membaca, penguasaan kosakata dan pemahaman bacaan juga diperlukan sehingga akan memudahkan pembaca untuk memahami isi dari sebuah teks bacaan. Banyak siswa di sekolah yang suka membaca tetapi tidak mengetahui makna dari teks bacaan tersebut. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah ada korelasi antara ketiga variabel tersebut, korelasi antara kebiasaan membaca siswa, penguasaan kosakata, dan pemahaman bacaan pada siswa kelas VIII Mts Al Huda Bandung. Dalam penelitian ini, masalah penelitiannya adalah: 1. Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca siswa dengan pemahaman membaca dalam pembelajaran bahasa Inggris di Mts Al Huda Bandung; 2. Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca siswa dengan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Inggris di Mts Al Huda Bandung; 3. Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dengan pemahaman membaca dalam pembelajaran bahasa Inggris di Mts Al Huda Bandung; 4. Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman membaca siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di Mts Al Huda Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kebiasaan membaca siswa dengan pemahaman membaca mereka, apakah terdapat korelasi antara kebiasaan membaca siswa dengan penguasaan kosakata, apakah terdapat korelasi antara penguasaan kosakata siswa dengan pemahaman membaca, dan apakah terdapat korelasi antara kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain teknik korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa dari 8 kelas di Mts Al Huda Bandung. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah kelas 8A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa berupa angket, penguasaan kosakata, dan tes pemahaman bacaan. Tes yang digunakan adalah pilihan ganda dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan sebagai berikut: Pertama, terdapat korelasi antara Kebiasaan Membaca (X1) dan Pemahaman Membaca (X3) dengan nilai 0,312, yang menunjukkan korelasi positif yang lemah. Hal ini mengimplikasikan bahwa peningkatan Kebiasaan Membaca cenderung sedikit meningkatkan Pemahaman Membaca; namun, korelasi ini tidak signifikan secara statistik, karena nilai p-value sebesar 0,093, yang lebih besar dari 0,05. Kemudian, korelasi antara Kebiasaan Membaca (X1) dan Penguasaan Kosakata (X2) adalah 0,203, yang menunjukkan korelasi positif yang sangat lemah. Meskipun demikian, korelasi ini tidak signifikan secara statistik, karena nilai p-value sebesar 0,282, yang melebihi 0,05. Selanjutnya, korelasi antara Penguasaan Kosakata (X2) dan Pemahaman Membaca (X3) adalah -0,312, yang mencerminkan korelasi negatif yang lemah. Demikian pula, korelasi ini tidak signifikan secara statistik, dengan nilai p-value sebesar 0,093, yang lebih besar dari 0,05. Lebih lanjut, korelasi keseluruhan antara Kebiasaan Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Pemahaman Bacaan tidak cukup kuat atau signifikan untuk membenarkan analisis yang lebih dalam dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di MTs Al Huda Bandung. jadi bisa disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan secara statistik yang ditemukan di antara ketiga variabel tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman bacaan dalam konteks ini tidak saling mempengaruhi satu sama lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 126203202128 NELA AMANDA AGUSTIN
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:39
Last Modified: 01 Jul 2025 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58756

Actions (login required)

View Item View Item