VELDA AYU APRISSILA, 126205212132 (2025) DAMPAK CYBER-BULLYING TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN KEBAHAGIAAN SISWA SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (834kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Dampak Cyber-bullying Terhadap Prestasi Akademik dan Kebahagiaan Siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung” ini ditulis oleh Velda Ayu Aprissila, NIM 126205212132, dengan pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Cyber-bullying, Kebahagiaan Siswa, Prestasi Akademik, Sekolah Dasar Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Meningkatnya kasus cyber-bullying di kalangan siswa sekolah dasar seiring dengan semakin mudahnya akses terhadap gawai dan media sosial menjadi fenomena yang mengkhawatirkan. Cyber-bullying merupakan bentuk intimidasi atau pelecehan yang dilakukan melalui media digital, yang berbeda dengan bullying tradisional karena dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Fenomena ini berpotensi menimbulkan dampak negatif yang serius terhadap prestasi akademik dan kebahagiaan siswa yang menjadi korban. Siswa yang mengalami cyber-bullying cenderung mengalami penurunan prestasi akademik, gangguan psikologis, berkurangnya tingkat kebahagiaan, dan bahkan dapat mengalami isolasi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengidentifikasi ragam cyber-bullying yang dialami siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang, 2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya cyber-bullying di kalangan siswa SD/MI, 3) Untuk memahami dampak cyber-bullying terhadap prestasi akademik dan kebahagiaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang menjelaskan kajiannya dengan menganalisis fakta secara sistematis dan secara mendalam dari objek pembahasan yang diteliti. Sumber data yang diteliti adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan observasi, serta data sekunder berupa dokumentasi sekolah. Pendekatan yang dilakukan dalam mengkaji dampak cyber-bullying terhadap prestasi akademik dan kebahagiaan siswa dari sudut pandang fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ragam cyber-bullying yang dialami siswa meliputi penghinaan melalui pesan teks, penyebaran foto/video yang memalukan, dan pengucilan dari grup online, 2) Faktor yang berkontribusi terhadap cyber-bullying mencakup kurangnya pengawasan penggunaan gawai, rendahnya kesadaran tentang etika digital, dan konflik dunia nyata yang berlanjut ke dunia maya, 3) Dampak terhadap prestasi akademik meliputi penurunan nilai yang signifikan, berkurangnya partisipasi dalam pembelajaran, dan meningkatnya ketidakhadiran di sekolah, 4) Dampak terhadap kebahagiaan siswa ditandai dengan menurunnya tingkat kebahagiaan secara umum, isolasi sosial, dan gangguan emosional berupa kecemasan hingga gejala depresi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bullying |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212132 VELDA AYU APRISSILA |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:53 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |