NOVI AYU ANGGRAINI, 126211211028 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (892kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Getaran Dan Gelombang Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar” ditulis oleh Novi Ayu Anggraini, NIM 126211211028, dosen pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan proses sains peserta didik yang berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pembelajaran masih berpusat pada guru dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran karena guru dianggap sebagai satu-satunya sumber ilmu yang ada. Hal ini berdampak negatif, yaitu peserta didik menjadi pasif karena cenderung hanya mendengarkan tanpa memahami proses sainsnya. Hal ini bertolak belakang dengan hakikat fisika yang berkaitan dengan produk dan proses. Peserta didik yang seharusnya aktif menjadi berbalik pasif. Keadaan ini mengakibatkan peserat didik cenderung menghafal materi yang disampaikan namun tidak dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritisnya. Oleh karena itu, model pembelajaran inkuiri terbimbung berbantuan simulasi PhET diharapkan mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan proses sains pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. (2) Untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blita. (3) Untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar dengan sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 29 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu obsevasi keterampilan proses sains dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis yang digunakan pada uji instrumen adalah uji validitas dan reliabilitas, pada uji prasyarat adalah uji normalitas dan homogenitas, pada uji hipotesis adalah uji-T dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi phet terhadap keterampilan proses sains pada materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar dibuktikan dengan hasil Uji T didapakan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi phet terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar dibuktikan dengan hasil Uji T didapakan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi phet terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis pada materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar dibuktikan denggan hasil Uji MANOVA didapatkan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 maka
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211028 NOVI AYU ANGGRAINI |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |