ANIK FAIDATUL UMMAH, 126204213168 (2025) EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DENGAN MEDIA CANVA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Ummah, Anik Faidatul. 2025. Efektivitas Metode Mind Mapping dengan Media Canva pada Materi Teorema Pythagoras Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Mind Mapping, Canva, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Pemilihan metode pembelajaran dan kurangnya variasi dalam metode pembelajaran, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak optimal dan perkembangan keterampilan kritis serta kreativitas siswa juga terbatas. Metode pembelajaran yang dipilih baiknya yang lebih inovatif dan menarik sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa secara keseluruhan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode Mind Mapping. Metode Mind Mapping merupakan suatu metode pendekatan visual yang memanfaatkan diagram untuk mempresentasikan informasi sehingga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni 1) untuk mengetahui efektivitas metode Mind Mapping dengan media canva pada materi Teorema Pythagoras terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. 2) untuk mengetahui besarnya efektivitas metode Mind Mapping dengan media canva pada materi Teorema Pythagoras terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Sampel yang digunakan yakni kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji-T dan uji cohen’s d untuk menghitung besarnya efektivitas yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode Mind Mapping dengan media canva pada materi Teorema Pythagoras efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. 2) Besar efektivitas metode Mind Mapping dengan media canva pada materi Teorema Pythagoras terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung sebesar 0,56 atau 56% yang berarti penggunaan metode Mind Mapping memiliki efektivitas dengan kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213168 ANIK FAIDATUL UMMAH |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:19 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |