PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PERSERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI MUHAMMADIYAH PLUS GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK

MEYSELA ADHANI, 2817133105 (2017) PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PERSERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI MUHAMMADIYAH PLUS GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Perserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Klas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Meysela Adhani Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Ekspositori, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang kurang memuaskan karena pendidik mengajar dengan menggunakan metode Ekspositori. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahn tersebut dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk mengetahui perbedaannya dengan metode ekspositori. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Espositoriterhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo Watulimo Trenggalek? .Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menegtahi dan menganalisis perbedaan penggunaan model pembelajarn Numbered Head Together (NHT) dan Ekspositori terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo Wsatulimo Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo Watulimo Trenggalek. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A dan kelas III-B, dimana kelas III-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas III-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 17 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan model quasi eksperimental design. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes dan dokumentasi. Data hasil tes peserta didik diperoleh melalui tes yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-T. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tedapat berbedaan hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada penggunaan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model ekspositori peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel atau 3,166 > 2,030 pada taraf signifikan 5%. Dan nilai rata-rata post test kedua kelas tersebut diketahui besarnya rata-rata kelas eksperimen sebesar 95,50, sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 89,12.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133105 MEYSELA ADHANI
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:49
Last Modified: 29 Aug 2017 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5889

Actions (login required)

View Item View Item