PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SRENGAT BLITAR

ALFINA KURNIARISTA, 126204213217 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Alfina Kurniarista, NIM 126204213217, dosen pembimbing Nani Sunarmi S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Minat Belajar, Teams Games Tournament (TGT) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang interaktif sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam menganalisis, menyelesaikan soal, dan menarik kesimpulan, serta cenderung merasa bosan selama pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu alternatif yang melibatkan peserta didik secara aktif selama pembelajaran, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik. Hal tersebut sesuai dengan teori konstruktivisme Vygotsky, bahwa pembelajaran akan lebih efektif dan efisien apabila peserta didik belajar secara kooperatif dalam suasana dan lingkungan yang mendukung dengan bimbingan seseorang yang lebih ahli pada bidang yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi aljabar kelas VII SMPN 1 Srengat Blitar. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap minat belajar peserta didik pada materi aljabar kelas VII SMPN 1 Srengat Blitar. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik pada materi aljabar kelas VII SMPN 1 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Srengat Blitar sebanyak 319 peserta didik dengan sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling, meliputi 32 peserta didik pada kelas VII B sebagai kelas kontrol dan 32 peserta didik pada kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari (1) Uji instrumen (validitas dan reliabilitas), (2) Uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), (3) Uji hipotesis (independent sample t-test dan multivariate analysis of variance) dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi aljabar kelas VII SMPN 1 Srengat Blitar. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap minat belajar peserta didik pada materi aljabar kelas VII SMPN 1 Srengat Blitar Blitar. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik pada materi aljabar kelas VII SMPN 1 Srengat Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213217 ALFINA KURNIARISTA
Date Deposited: 10 Jul 2025 05:41
Last Modified: 10 Jul 2025 05:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59014

Actions (login required)

View Item View Item