PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS ANDROID QR CODE MELALUI CANVA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MI

AYIN ASSA AZIZAH, 126205212149 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS ANDROID QR CODE MELALUI CANVA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Azizah, Ayin Assa 2024. “Pengembangan Media Audivisual Berbasis Android QR Code Melalui Canva Pada Mata Pelajaran Fiqih MI. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi Dr.Agus. Purwowidodo,M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, QR Code, Fiqih MI Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan media pembelajaran fiqih MI bab sholat dhuha.media ini berperan penting pada proses kegiatan pembelajaran, sebagai alat untuk menyampaikan materi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MIN 1 Kediri pada kelas IV B media yang digunakan guru dalam menyampaikan materi di ambil dari vido youtube dan sumber internet lainya, sedangkan untuk di buku siswa juga terdapat gambar qr code untuk mengaskes media lainya menggunakan qr code untuk memudahkan menghubungkan dengan materi yang akan di pelajari. Tetapi setelah di coba untuk mengaksesnya banyak kendala yang dihadapi peserta didik, peserta didik banyak merasa bosan karena video yang di tampilkan seperti ceramah tanpa ada selingan film kartun ataupun animasi bergerak yang interaktif, qr code yang digunakan tidak dapat di akses karena hasil gambar di buku terlalu gelap dan ada beberapa qr code yang rusak karena alat foyocopy. Maka dibutuhkan solusi alternatife untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya dengan menyediakan media pembelajaran dampingan sebagai alat baru yang dapat mendukung peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah sebagagai berikut : 1) Untuk menghasilkan produk media audiovisual berbasis android qr code melalui canva pada mata pelajaran fiqih MI. 2) Untuk mengetahui kualitas, efektivitas,, kepraktisa media udiovisual berbasis android qr code melalui canva pada mata pelajaran fiqih MI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R & D (Research and Development). Model pengembangan pembelajaran yang disusun dalam penelitian ini mengacu pada jenis pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu : 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan metode observasi, angket dan dokumentasi. Uji coba dilaksanakan 2 kali, yaitu uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dilakukan pengisian angket untuk menilai media pembelajaran yang ditampilkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penilaian media oleh ahli validasi dan peserta didik, yakni ahli materi 95% (sangat valid), ahli media 90% (sangat valid), hasil uji coba kelompok kecil mendapat presentase 92% (sangat valid), dan pada hasil uji coba kelompok besar mendapat presentase 90% (sangat valid). Keefektifan produk media audiovisual berbasis android qr code diambil dari pretest dan posttest dengan nilai pretest 67 dan nilai posttest 88 yang disimpulkan bahwa media sangat efektif digunakan dalam pembelajaran fiqih MI bab sholat dhuha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Fiqih > Sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212149 AYIN ASSA AZIZAH
Date Deposited: 06 Jul 2025 12:21
Last Modified: 06 Jul 2025 12:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59043

Actions (login required)

View Item View Item