STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA BARBERSHOP (Studi pada Barbershop Daebak Desa Tunjung, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar)

MOHAMMAD ARIK NASRUL, 126405212117 (2025) STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA BARBERSHOP (Studi pada Barbershop Daebak Desa Tunjung, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Barbershop (Studi pada Barbershop Daebak Desa Tunjung, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar)” yang ditulis Mohammad Arik Nasrul, NIM. 126405212117, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Jurusan Manajemen, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Galih Pradananta, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Strategi, Loyalitas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan di industri jasa Barbershop, di mana pelanggan memiliki banyak pilihan dan mudah berpindah ke tempat lain. Barbershop Daebak, yang berlokasi di Desa Tunjung, menghadapi tantangan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah persaingan harga dan kualitas layanan. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat guna meningkatkan kepuasan dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji strategi serta faktor pendukung dan penghambat dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di Barbershop Daebak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan pada usaha Barbershop Daebak Desa Tunjung, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan Barbershop Daebak dalam mempertahankan loyalitas pelanggan berfokus pada peningkatan kepuasan melalui pelayanan yang berkualitas, pendekatan personal, serta penciptaan nilai tambah seperti bonus layanan dan suasana yang nyaman. Strategi ini diperkuat melalui promosi berbasis media sosial, program loyalitas, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Faktor pendukung keberhasilan strategi meliputi konsistensi layanan, hubungan interpersonal yang baik, lokasi strategis, dan komitmen manajerial. Adapun faktor penghambat antara lain persaingan usaha yang ketat, perubahan tren gaya rambut, perkembangan digital marketing pesaing, serta kondisi eksternal seperti ekonomi dan cuaca.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405212117 MOHAMMAD ARIK NASRUL
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:53
Last Modified: 09 Jul 2025 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59076

Actions (login required)

View Item View Item