DYANING RATRI HARTONO PUTRI, 126306211016 (2025) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI ADAT IDER-IDER PARI TERHADAP EMPATI SISWA SMPN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (888kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia memiliki kekayaan budaya yang mengandung nilai-nilai moral penting, termasuk empati. Namun, perkembangan zaman menyebabkan lunturnya budaya lokal dan menurunnya sikap empati di kalangan siswa. Oleh karena itu, diperlukan layanan bimbingan kelompok berbasis budaya lokal seperti Adat Ider-Ider Pari untuk menumbuhkan kembali sikap empati siswa. Pemilihan layanan bimbingan kelompok berbasis budaya dianggap efektif karena layanan ini menyentuh aspek psikologis, sosial, dan kultural yang relevan dengan kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas nilai-nilai adat ider-ider pari dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan empati siswa SMPN 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 6 siswa dengan tingkat empati rendah.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor empati setelah pelaksanaan layanan, dengan hasil uji-T menunjukkan nilai signifikansi 0,02<0,05. Dengan demikian, nilai-nilai adat ider-ider pari terbukti efektif dalam meningkatkan empati siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memilih penerapan model layanan informasi yang tepat untuk meningkatkan empati siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306211016 DYANING RATRI HARTONO PUTRI |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 00:27 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 00:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |