EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI ADAT IDER-IDER PARI TERHADAP EMPATI SISWA SMPN 1 BOYOLANGU

DYANING RATRI HARTONO PUTRI, 126306211016 (2025) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI ADAT IDER-IDER PARI TERHADAP EMPATI SISWA SMPN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (888kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang mengandung nilai-nilai moral penting, termasuk empati. Namun, perkembangan zaman menyebabkan lunturnya budaya lokal dan menurunnya sikap empati di kalangan siswa. Oleh karena itu, diperlukan layanan bimbingan kelompok berbasis budaya lokal seperti Adat Ider-Ider Pari untuk menumbuhkan kembali sikap empati siswa. Pemilihan layanan bimbingan kelompok berbasis budaya dianggap efektif karena layanan ini menyentuh aspek psikologis, sosial, dan kultural yang relevan dengan kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas nilai-nilai adat ider-ider pari dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan empati siswa SMPN 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 6 siswa dengan tingkat empati rendah.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor empati setelah pelaksanaan layanan, dengan hasil uji-T menunjukkan nilai signifikansi 0,02<0,05. Dengan demikian, nilai-nilai adat ider-ider pari terbukti efektif dalam meningkatkan empati siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memilih penerapan model layanan informasi yang tepat untuk meningkatkan empati siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306211016 DYANING RATRI HARTONO PUTRI
Date Deposited: 06 Jul 2025 00:27
Last Modified: 06 Jul 2025 00:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59077

Actions (login required)

View Item View Item