FITRIA DEWI ARINI, 2814133070 (2017) ANALISIS KONEKSI MATEMATIS (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK ARINI, FITRIA DEWI. NIM. 2814133070, 2017 “Analisis Koneksi Matematis (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar)”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Tadris Matematika, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Koneksi Matematis Ada lima ketrampilan khusus yang harus dikuasai siswa dalam proses pembelajaran matematika yaitu: pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, koneksi dan representasi. Koneksi matematis menjadi salah satu bagian penting yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika. Kemampuan koneksi matematis penting dimiliki siswa karena kemampuan tersebut akan membuat pemikiran dan wawasan siswa semakin luas, siswa memandang bahwa matematika adalah suatu keseluruhan yang padu, bukan sebagai materi yang berdiri sendiri-sendiri, siswa dapat mengetahui manfaat matematika di sekolah maupun di luar sekolah. Namun proses kegiatan mengajar yang terjadi dalam sekolah pada umumnya kebanyakan menggunakan metode pembelajaran yang masih didominasi oleh guru yang mengakibatkan siswa cenderung kurang aktif dan mudah bosan pada saat pembelajaran berlangsung yang berakibat pada lemahnya kemampuan koneksi matematis siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan tinggi di kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar, (2) Untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan sedang di kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar dan (3) Untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan rendah di kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitiatif dengan jenis penelitian studi kasus, subjek penelitian adalah 3 siswi kelas VIII-D MTs Darussalam Kademangan Blitar yang terdiri dari subjek berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah berdasarkan nilai tes kemampuan koneksi matematis . Pengumpulan data dari hasil observasi, nilai tes kemampuan koneksi matematis , hasil wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematis. Setelah dilakukan analisis data penelitian, didapat hasil sebagai berikut: (1) subjek berkemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis sehingga dapat dikatakan mempunyai kemampuan koneksi matematis yang baik. (2) subjek berkemampuan matematika sedang dapat memahami soal dengan baik, tetapi sebagian masih belum bisa menjelaskan konsep yang digunakan, masih ada yang belum bisa menjelaskan keterkaitan hubungan antar konsep dengan logis, sistematis dan lengkap tetapi dapat mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari meski memberikan contoh penerapan secara sederhana. Sehingga dapat dikatakan mempunyai kemampuan koneksi matematis yang cukup. (3) subjek dengan berkemampuan matematika rendah sebagian besar siswa tidak dapat menjelaskan konsep matematika dan hubungan antar konsep matematika tetapi dapat mengaitkan antara masalah pada kehidupan sehari-hari dan matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133070 FITRIA DEWI ARINI |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 02:25 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5908 |
Actions (login required)
View Item |