DIANA FITRI NIYATI, 126204211017 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPI AS-SYAFI'AH MOJOSARI LOCERET NGANJUK PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPI As-Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk Pada Materi Hubungan Antar Sudut” ini ditulis oleh Diana Fitri Niyati, NIM 126204211017, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning, Geogebra, Hasil Belajar Rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada materi hubungan antar sudut yang dapat menghambat proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap hasil belajar peserta didik, (2) Untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMPI As-Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 peserta didik dan kelas VII D sebagai kelas control dengan jumlah 28 peserta didik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 peserta didik dengan selusuh kelas berjumlah 11 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model Project Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPI As-Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk Pada Materi Hubungan Antar Sudut. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai sig. = 0,000 ≤ sig. (2-tailed) = 0,05, (2) Besarnya pengaruh model Project Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPI As-Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk Pada Materi Hubungan Antar Sudut yaitu 2,052 atau 97,7% dengan kategori tergolong tinggi. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dapat meneliti model Project Based Learning tidak hanya berbantuan GeoGebra saja, mungkin dapat dikembangkan dengan media yang berbasis teknologi dan untuk variabel yang diteliti tidak hanya hasil belajar peserta didik. Serta dapat mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi dan dapat mengembangkannya lebih luas sehingga hasil penelitiannya lebih lengkap dan efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204211017 DIANA FITRI NIYATI |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 11:05 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 11:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |