PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPI AS-SYAFI'AH MOJOSARI LOCERET NGANJUK PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT

DIANA FITRI NIYATI, 126204211017 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPI AS-SYAFI'AH MOJOSARI LOCERET NGANJUK PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (425kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPI As-Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk Pada Materi Hubungan Antar Sudut” ini ditulis oleh Diana Fitri Niyati, NIM 126204211017, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning, Geogebra, Hasil Belajar Rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada materi hubungan antar sudut yang dapat menghambat proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap hasil belajar peserta didik, (2) Untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMPI As-Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 peserta didik dan kelas VII D sebagai kelas control dengan jumlah 28 peserta didik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 peserta didik dengan selusuh kelas berjumlah 11 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model Project Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPI As-Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk Pada Materi Hubungan Antar Sudut. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai sig. = 0,000 ≤ sig. (2-tailed) = 0,05, (2) Besarnya pengaruh model Project Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPI As-Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk Pada Materi Hubungan Antar Sudut yaitu 2,052 atau 97,7% dengan kategori tergolong tinggi. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dapat meneliti model Project Based Learning tidak hanya berbantuan GeoGebra saja, mungkin dapat dikembangkan dengan media yang berbasis teknologi dan untuk variabel yang diteliti tidak hanya hasil belajar peserta didik. Serta dapat mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi dan dapat mengembangkannya lebih luas sehingga hasil penelitiannya lebih lengkap dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211017 DIANA FITRI NIYATI
Date Deposited: 06 Jul 2025 11:05
Last Modified: 06 Jul 2025 11:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59117

Actions (login required)

View Item View Item