PENGARUH PROGRAM AKSELERASI TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK TERPUJI PADA SISWA DI MTS NEGERI 3 NGANJUK

FARIDATUL ROFIAH, 126201212098 (2025) PENGARUH PROGRAM AKSELERASI TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK TERPUJI PADA SISWA DI MTS NEGERI 3 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rofiah, Faridatul. 2025. “Pengaruh Program Akselersi terhadap Peningkatan Akhlak Terpuji pada Siswa di MTs Negeri 3 Nganjuk”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Moh Ali Abdul Shomad very Eko Atmojo, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Pengaruh, Program Akselerasi, Akhlak Terpuji, Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program akselerasi terhadap peningkatan akhlak terpuji pada siswa di MTsN 3 Nganjuk. Fokus penelitian ini diarahkan pada tiga hal, yaitu: (1) apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari program akselerasi terhadap peningkatan akhlak terpuji siswa, (2) seberapa besar pengaruh program akselerasi terhadap peningkatan akhlak terpuji, dan (3) faktor-faktor apa saja dalam program akselerasi yang berkontribusi terhadap peningkatan akhlak terpuji siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Subjek penelitian adalah siswa MTsN 3 Nganjuk yang mengikuti program akselerasi dan siswa dari kelas reguler sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji statistik untuk melihat signifikansi dan besarnya pengaruh, serta analisis deskriptif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari program akselerasi terhadap peningkatan akhlak terpuji siswa. Program akselerasi memberikan kontribusi positif dengan tingkat pengaruh yang cukup besar. Faktor-faktor yang berkontribusi antara lain metode pembelajaran yang intensif, lingkungan belajar yang kondusif, serta peran guru dalam membimbing secara personal. Dengan demikian, program akselerasi tidak hanya berdampak pada aspek akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program akselerasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan akhlak terpuji siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi yang menghasilkan persamaan regresi Y = 56,421 + 0,437X. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,465 menunjukkan bahwa 46,5% perubahan akhlak terpuji siswa dipengaruhi oleh program akselerasi. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 6,721 dengan signifikansi 0,000 (<0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara program akselerasi terhadap akhlak terpuji siswa. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa program akselerasi tidak hanya efektif dalam mempercepat capaian akademik siswa, tetapi juga berperan dalam membentuk akhlak yang baik, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan sopan santun. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi madrasah dan lembaga pendidikan lainnya untuk terus mengembangkan program akselerasi yang tidak hanya berorientasi pada kecerdasan intelektual, tetapi juga pada penguatan karakter siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212098 FARIDATUL ROFIAH
Date Deposited: 06 Jul 2025 13:37
Last Modified: 06 Jul 2025 13:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59147

Actions (login required)

View Item View Item