ZIRLY AMALIA, 126205212138 (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAKTIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV DI MI PLUS MISHBAHUL HUDA TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dalam Membentuk Karakter Sosial dan Tanggung Jawab pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa kelas empat Madrasah Ibtidaiyah Plus Mishbahul Huda Trenggalek” ini ditulis oleh Zirly Amalia, NIM 126205212138. Pembimbing Rohmah Ivantri, M. Pd. I. Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Karakter Sosial, Tanggung Jawab, IPAS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena terjadinya penurunan karakter siswa di MI Plus Mishbahul Huda. Hal ini dilihat dari banyak siswa yang menunjukan perilaku kurangya empati, kerja sama dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, guru sering menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru. Oleh karena itu guru mempunyai peran penting dalam menerapkan model pembelajaran yang dapat membentuk karakter sosial dan tanggung jawab siswa salah satunya yaitu model pembelajaran kooperaktif tipe Student Team Achievement Division.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persiapan desain, proses penerapan dan asesmen pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dalam membentuk karakter sosial dan tanggung jawab pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial siswa kelas empat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data mencakup pengumpulan data, reduksi data, kemudian menyajikan data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi Teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Persiapan guru dalam mendesain model pembelajaran STAD meliputi mengikuti rapat rutin dengan seluruh guru, mendiagnosa kebutuhan peserta didik, menyiapkan perangkat pembelajaran, dan menyusun evaluasi pembelajaran. 2) Proses pelaksanaan model menganut langkah-langkah STAD yaitu: menyampaikan motivasi dan tujuan pembelajaran, membagi kelompok, memberi tugas kelompok, presentasi kelompok, memberikan evaluasi pembelajaran serta penghargaan, dan refleksi serta membuat kesimpulan bersama peserta didik. 3) Efektivitas model STAD dapat diketahui bedasarkan penilaian hasil belajar melalui asesmen diagnostik, asesmen formatif dan asesmen sumatif yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Guru membandingkan hasil asesmen siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperaktif Student Team Achievement Division. Terdapat peningkatan hasil belajar dan karakter baik siswa, dilihat dari hasil data penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212138 ZIRLY AMALIA |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |