DWI RESTU CAHYANINGRUM, 126208212088 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (815kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar” disusun oleh Dwi Restu Cahyaningrum. NIM.126208212088. Pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Jelajah Alam Sekitar (JAS), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini disebabkan karena rendahnya tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA karena pembelajaran yang terlalu berpusat pada guru (Teacher Centered Learning), mengakibatkan kurangnya latihan siswa dalam berfikir kritis dan mengeksplorasi lebih dalam suatu materi. kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran yang mengakibatkan turunnya hasil belajar. Berdasarkan permasalah tersebut diperlukan penelitian tentang penggunaan yang metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa agar hasil belajar siswa juga dapat meningkat. Salah satu metode belajar dapat menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) yang memiliki kelebihan berupa eksplorasi dan interaksi secara langsung dengan objek belajar, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Gruop Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar yang terdiri dari kelas VII-A sampai VII-K, teknik pengambilan sampel yang digunkan dalam penelitian ini adalah Non-probability Sampling dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil oleh peneliti yaitu dua kelas berupa kelas VII B berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini berupa soal, lembar observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji persyaratan (uji normalitas, uji homogenitas), uji hipotesis (uji Independen T-test dan uji manova). Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil berupa: (1) Adanya pengaruh model pembelajaran Investigasi Kelompok dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keaktifan siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar berupa uji-T dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05 (2) Adanya pengaruh model pembelajaran Investigasi Kelompok dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadapa hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar berupa uji-T dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05 (3) Adanya pengaruh model pembelajaran Investigasi Kelompok dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar menggunakan uji MANOVA dengan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0,05. Dengan demikikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Investigasi Kelompok dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar yang ditunjukan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212088 DWI RESTU CAHYANINGRUM |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 04:00 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |