PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PERILAKU MODERASI BERAGAMA QUDWAH DAN KARAKTER RELIGIUS DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT, TULUNGAGUNG.

AYUNI NUR CHAFIDHAH, 126201202132 (2024) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PERILAKU MODERASI BERAGAMA QUDWAH DAN KARAKTER RELIGIUS DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (791kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Perilaku Moderasi Beragama Qudwah dan Karakter Religius di MTs Miftahul Huda Ngunut” ditulis oleh Ayuni Nur Chafidhah, NIM [126201202132], Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Membaca Al-Qur’an, Moderasi Beragama, Qudwah, Karakter Religius Kebiasaan membaca Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk pembinaan karakter religius dan penguatan nilai-nilai moderasi beragama sejak usia sekolah. Dalam konteks pendidikan madrasah, praktik ini tidak hanya bertujuan meningkatkan kecakapan membaca teks suci, tetapi juga menanamkan sikap keteladanan Qudwah, toleransi, dan keseimbangan dalam beragama. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membangun pribadi Muslim yang moderat dan berkarakter religius melalui pembiasaan yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di lingkungan MTs Miftahul Huda Ngunut. Penelitian ini mengkaji pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap perilaku moderasi beragama Qudwah dan karakter religius siswa. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap perilaku moderasi beragama Qudwah di MTs Miftahul Huda Ngunut? (2) Adakah pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap karakter religius siswa di MTs Miftahul Huda Ngunut? dan (3) Adakah pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap perilaku moderasi beragama Qudwah dan karakter religius siswa di MTs Miftahul Huda Ngunut? Penelitian kuantitatif asosiatif ini dilaksanakan di MTs Miftahul Huda Ngunut, Kabupaten Tulungagung, dengan 110 siswa sebagai sampel dari total 152 populasi, yang dipilih melalui teknik stratified proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket (kuesioner) yang telah tervalidasi dan teruji reliabilitasnya, serta didukung oleh observasi dan dokumentasi. Analisis data memanfaatkan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25, meliputi uji asumsi klasik (normalitas) dan uji hipotesis (regresi linier sederhana dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebiasaan membaca Al-Qur’an memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku moderasi beragama Qudwah (R² = 0,543; thitung = 11,317 > ttabel = 1,982; signifikansi = 0,000 < 0,05); (2) kebiasaan membaca Al-Qur’an juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter religius siswa (R² = 0,591; thitung = 12,504 > ttabel = 1,982; signifikansi = 0,000 < 0,05); dan (3) uji MANOVA mengonfirmasi pengaruh signifikan secara simultan terhadap kedua variabel tersebut (signifikansi = 0,000 < 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa pembiasaan membaca Al-Qur’an berkontribusi secara signifikan dalam membentuk kepribadian siswa yang religius dan moderat, serta dapat menjadi strategi efektif dalam internalisasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan karakter.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202132 AYUNI NUR CHAFIDHAH
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:46
Last Modified: 11 Jul 2025 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59229

Actions (login required)

View Item View Item