PENGELOLAAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI MANBA’UL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MUHAMAD HABIBUNAZZA, 12205193142 (2024) PENGELOLAAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI MANBA’UL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan,Pembelajaran,Tematik Pengelolaan guru dalam pembelajaran dikelas merupakan ketrampilan yang harus dimiliki oleh guru. Pengelolaan guru dalam pembelajaran dikelas yang baik akan membuat kelas menjadi hidup sehingga berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Seperti halnya guru kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung yang mengelola kelas dalam pembelajaran tematik. Dalam hal ini peniliti dilakukan untuk mengetahui pengelolaan guru dalam pembelajaran tematik dikelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Pertanyaan dalam peneliti ini, yaitu: 1.) Perencanaan guru dalam pembelajaran tematik dikelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?, 2) Pelaksanaan guru dalam pembelajaran tematik dikelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?, 3) Evaluasi guru dalam pembelajaran tematik dikelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penilitian studi kasus guna meneliti suatu fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan keajekan pengamatan dan triangulasi, diantaranya triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan guru dalam pembelajaran tematik dikelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, dalam perencanaan guru sudah membuat pemetaan kompetensi seperti yang seharusnya.2)Pelaksanaan guru dalam pembelajaran tematik dikelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, pada pelaksanaan, pembelajaran didominasi oleh guru dan materi juga masih terpisah-pisah. Pembelajaran juga belum berpusat pada tema dan peserta didik. 3)Evaluasi guru dalam pembalajaran tematik dikelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung , jenis penilaian yang digunakan guru adalah tes yaitu isian, pilihan ganda dan uraian. Guru melakukan penilaian hanya pada ranah kognitif saja sedangkan pada ranah efektif dan psikomotor belum dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193142 MUHAMAD HABIBUNAZZA
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:49
Last Modified: 10 Jul 2025 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59290

Actions (login required)

View Item View Item