EMDA SEFIRA YESSYANTI, 126407211007 (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING TIKTOK DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT KUNJUNG WISATAWAN DI BLITAR PARK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Digital Marketing TikTok dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Blitar Park” ini ditulis oleh Emda Sefira Yessyanti, NIM. 126407211007, Prodi Pariwisata Syariah, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Citra Mulya Sari, S.E.,Sy.,M.E. Kata Kunci: Digital Marketing TikTok, Daya Tarik Wisata, Minat Kunjung Wisatawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan digital marketing untuk meningkatkan minat kunjung wisatawan di era digital, khususnya melalui platform TikTok yang sedang naik daun. Sebagai destinasi wisata buatan di Kabupaten Blitar, Blitar Park perlu mengoptimalkan pemasaran digital dan memperkuat daya tarik wisatanya agar mampu bersaing dengan destinasi lainnya. Pemasaran digital melalui TikTok berperan signifikan dalam membangun interaksi dengan calon wisatawan, baik melalui konten kreatif, tampilan situs yang ramah pengguna, hingga program promosi yang tepat sasaran. Di sisi lain, faktor daya tarik wisata seperti atraksi, aksesibilitas, fasilitas, dan layanan pendukung juga menjadi elemen penting yang mempengaruhi minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh digital marketing TikTok dan daya tarik wisata terhadap minat kunjung wisatawan di Blitar Park; (2) mengetahui pengaruh digital marketing TikTok terhadap minat berkunjung wisatawan di Blitar Park; (3) mengetahui pengaruh daya tarik wisata terhadap minat kunjung wisatawan di Blitar Park. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner kepada 100 responden yang pernah atau berminat berkunjung ke Blitar Park. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS, meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas dan multikolinearitas), regresi linier berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi (R²) Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial baik digital marketing TikTok maupun daya tarik wisata memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung wisatawan. Secara bersama-sama, kedua variabel tersebut juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung wisatawan di Blitar Park. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,502 menunjukkan bahwa 50,2% variasi minat kunjung wisatawan dapat dijelaskan oleh digital marketing TikTok dan daya tarik wisata, sedangkan sisanya sebesar 49,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pariwisata |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
Depositing User: | 126407211007 EMDA SEFIRA YESSYANTI |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 07:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |