PENGARUH LIVE STREAMING SELLING, DISCOUNT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE SHOPEE PADA GENERASI Z DI KECAMATAN PULE

RAHMAWATI AGUSTIN, 126405212142 (2025) PENGARUH LIVE STREAMING SELLING, DISCOUNT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE SHOPEE PADA GENERASI Z DI KECAMATAN PULE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Live Streaming Selling, Discount, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee Pada Generasi Z di Kecamatan Pule” ini ditulis oleh Rahmawati Agustin, NIM. 126405212142, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Ibu Citra Mulya Sari, S.E.Sy.,M.E. Kata Kunci : Live Streaming Selling, Discount, Online Customer Review, Keputusan Pembelian, Shopee, Generasi Z. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang telah mengubah cara masyarakat dalam melakukan transaksi termasuk dalam aktivitas belanja. Salah satu platform yang terpopuler adalah Shopee, khususnya dikalangan Gen Z. Namun, tidak semua strategi pemasaran digital mampu mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk menarik perhatian dan membentuk keputusan pembelian, antara lain dengan mengoptimalkan live streaming selling interaktif, discount sebagai daya tarik, dan online customer review sebagai pengaruh dan tambahan informasi bagi calon pembeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menguji pengaruh live streaming selling, discount, dan online customer review terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada generasi Z di kecamatan Pule, (2) menguji pengaruh live streaming selling terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada generasi Z di kecamatan Pule, (3) menguji pengaruh discount terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada generasi Z di kecamatan Pule, (4) menguji pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada generasi Z di kecamatan Pule. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan Generasi Z di Kecamatan Pule. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling kemudian dipilih metode purposive sampling sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Data di analisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara simultan variabel live streaming selling, discount, dan online customer review berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada Generasi Z di kecamatan Pule, (2) live streaming selling berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada Generasi Z di kecamatan Pule, (3) discount berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada Generasi Z di kecamatan Pule, (4) online customer review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada Generasi Z di kecamatan Pule.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > E-Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405212142 RAHMAWATI AGUSTIN
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:54
Last Modified: 11 Jul 2025 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59340

Actions (login required)

View Item View Item