PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

VITRIA ULFANA PUTRI, 2811133271 (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (163kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Vitria Ulfana Putri, NIM.2811133271, dengan pembimbing Drs. H. Muh. Kharis M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa zaman sekarang ini semakin tingginya sikap intoleransi keberagamaan. Sehingga dalam hal ini peneliti menghubungkan dengan peran guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Ngunut dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama di lingkungan sekolah yang mana diketahui bahwa terdapat siswa dengan latar belakang agama yang berbeda diantaranya Islam, Kristen, Khatolik, dan Budha yang menimba ilmu disekolah yang sama bahkan dikelas yang sama. Oleh sebab itu perlunya sikap toleransi beragama diantara para siswa dengan tujuan agar suasana belajar berjalan kondusif dan terjalin kerukunan antar siswa beda. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai educator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Ngunut? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Ngunut? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Ngunut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai edukator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung yaitu dengan menjadi teladan dan role model dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Membentuk kepribadian siswa untuk lebih bisa menerima perbedaan agama dengan memberikan pemahaman tentang ketahuidan. Membimbing dan mengarahkan siswa menjadi manusia sosial. Dan membangkitkan pandangan yang berbeda kepada siswa muslim dengan melihat perbedaan agama sebagai alat meningkatkan keimanan. (2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung yaitu dengan bertindak sebagai pembawa cerita dengan menceritakan kisah Nabi dalam bertoleransi antar umat beragama. Mengajak dan memberi dukungan yang menjadi penyemangat dalam menumbuhkan nilai toleransi beragama. Memupuk gotong royong dan kerja sama antar umat beragama. (3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung yaitu dengan menyediakan waktu untuk siswa. Menghadapkan siswa pada problem yang berkaitan dengan toleransi beragama. Menyediakan kondisi dan kesempatan bagi siswa untuk menumbuhkan toleransi kepada umat agama lain dengan kegiatan keagamaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133271 VITRIA ULFANA PUTRI
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:44
Last Modified: 30 Aug 2017 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item View Item