PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA DI MA DARUL FALAH BENDILJATI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MAULIDIA RACHMAWATI, 126208211021 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA DI MA DARUL FALAH BENDILJATI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (855kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Komponen Ekosistem dan Interaksinya di MA Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Maulidia Rachmawati, NIM. 126208211021, dengan pembimbing Nani Sunarmi, S.Si.,M.Sc. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Hasil Belajar, Komponen Ekosistem. Hasil belajar berperan penting dalam proses pembelajaran. Hasil belajar digunakan oleh guru sebagai tolok ukur sejauh mana pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Saat ini, hasil belajar siswa tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang semangat dalam belajar, cenderung bosan karena pembelajaran dilakukan secara konvensional, dan keterbatasan sarana prasarana. Siswa juga masih pasif dan kurang kritis selama proses pembelajaran. Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model yang dapat digunakan, yaitu Problem Based Learning. Model ini mampu meningkatkan hasil belajar karena lebih menekankan kepada aktivitas siswa, sehingga siswa akan lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi komponen ekosistem dan interaksinya di MA Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung. Penelitian menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperiment dengan desain penelitian posttest only. Penelitian ini menggunakan 31 siswa untuk kelas kontrol dan 23 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan uji independent sample t-test, dan perhitungan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem-based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi komponen ekosistem dan interaksinya di MA Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung, dibuktikan dengan hasil uji-t, yaitu thitung > ttabel dengan nilai 11,126 > 1,6759 dan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa juga termasuk dalam kategori besar atau tinggi, yang dibuktikan dengan nilai Effect Size dCohen sebesar 3,062, di mana nilai tersebut ≥ 0,8.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208211021 MAULIDIA RACHMAWATI
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:33
Last Modified: 14 Jul 2025 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59408

Actions (login required)

View Item View Item