Pengaruh Pendekatan PAIKEM Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar Pada Materi Fungsi Komposisi Tahun Ajaran 2016/2017

Ilham Budi Santoso, 2814133082 (2017) Pengaruh Pendekatan PAIKEM Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar Pada Materi Fungsi Komposisi Tahun Ajaran 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar Pada Materi Fungsi Komposisi Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Ilham Budi Santoso, NIM. 2814133082, dibimbing oleh Dr.Eny Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci: PAIKEM, Motivasi, Hasil, Belajar, Fungsi Komposisi Fenomena banyaknya siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan ilmu yang sulit. Hal ini mengakibatkan rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari matematika sehingga siswa memiliki hasil belajar yang tidak maksimal. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat menerapkan beberapa metode yang tidak hanya fokus pada hasil belajar tetapi juga pada motivasi siswa dalam belajar matematika. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan merupakan pendekatan yang dapat mengaktifkan peserta didik, mengembangkan kreativitas yang akhirnya efektif, tetapi pembelajaran tersebut tetap menyenangkan bagi siswa. Dengan penggunaan pendekatan ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar pada materi fungsi komposisi. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA AL Hikmah Langkapan Srengat Blitar pada materi fungsi komposisi. 3)Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar pada materi fungsi komposisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Dalam pengambilan sampel digunakan sampel jenuh. Sampel yang digunakan, yaitu kelas XI-A sebagai kelas kontrol dan kelas XI-B sebagai kelas eksperimen. Sampel berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Uji yang digunakan dalam analisis data adalah uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak ada pengaruh pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar pada materi fungsi komposisi tahun ajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh thitung < ttabel (-0,520 < 2,000) dengan taraf siginifikasi sebesar 5%. 2) Ada pengaruh pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Al Hikmah LangkapanSrengatpada materi fungsi komposisi tahun ajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh thitung > ttabel (7,970 > 2,000) dengan taraf siginifikasi sebesar 5%. 3) Ada pengaruh pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MA Al Hikmah LangkapanSrengat Blitarpada materi fungsi komposisi tahun ajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dari signifikasi untuk PillaeTrace, Wilk Lambda, HotellingTrace, Roy’sLargestRoot pada variabel “Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan” semuanya menunjukkan nilai 0,00 dengan taraf signifikasi sebesar 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133082 Ilham Budi Santoso
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:44
Last Modified: 04 Sep 2017 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5945

Actions (login required)

View Item View Item