NUR AINUL AFIFAH, 12206183045 (2022) UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING ANAK USIA DINI UNTUK MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI KELAS QUR’ANI TK PLUS HASYIM ASY’ARI PIKATAN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Nur Ainul Afifah, 2022, “Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Usia Dini Untuk Menghafal Juz ‘Amma Di Kelas Qur’ani TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing : Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M. Pd. I. Kata kunci : Upaya Guru, Menghafal Juz ‘Amma Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan berbagai metode untuk menghafal juz ‘amma pada anak usia dini sebagai upaya guru dalam membimbing anak usia dini untuk menghafal juz ‘amma. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti dan mengetahui lebih dalam tentang upaya guru dalam membimbing anak usia dini untuk menghafal juz ‘amma di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan khususnya pada kelas Qur’ani. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana upaya guru dalam membimbing anak usia dini untuk menghafaljuz ‘amma melalui metode Talaqqi di kelas qur’ani TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan ? (2)Bagaimana upaya guru dalam membimbing anak usia dini untuk menghafal juz ‘amma melalui metode Muroja’ah di kelas qur’ani TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan ? (3) Bagaimana upaya guru dalam membimbing anak usia dini untuk menghafal juz ‘amma melalui metode sambung ayatdi kelas qur’ani TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan ?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, jenis yang digunakan studi kasus, teknik pengumpulan datadengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakanpengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekankeabsahan data menggunakan triangulasi, teman sejawat dan memperpanjangkeikutsertaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam membimbing anak usia dini untuk menghafal juz ‘amma melalui metode Talaqqi yaitu dengan cara guru membacakan lalu murid menirukan hafalan hingga baik dan benar. dengan cara guru membacakan lalu murid menirukan hafalan hingga baik dan benar. Sedangkan untuk metode Muroja’ahdilaksanakan secara rutin setiap hari dengan mengulangi hafalan yang telah dihafal sebelumnya. Sedangkan metode Sambung Ayat dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai surat yang telah dihafalkan. Metode ini dilakukan dengan cara guru membacakan terlebih dahulu ayat pertama, lalu dilanjutkan oleh siswa yang telah ditunjuk, begitu seterusnya hingga ayat habis dan berganti surat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183045 NUR AINUL AFIFAH |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:49 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |