PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLY OF MANNERS UNTUK MENANAMKAN NILAI TATA KRAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KAUMAN TULUNGAGUNG

TRILANTIKA RETNA SARI, 126206212044 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLY OF MANNERS UNTUK MENANAMKAN NILAI TATA KRAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (415kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Monopoly of Manners Untuk Menanamkan Nilai Tata Krama Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Trilantika Retna Sari NIM 126206212044. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Reni Sulistina, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Monopoly, Tata Krama Berdasarkan hasil pra observasi awal di TK Dharma Wanita Kauman. Pada TK tersebut terdapat suatu permasalahan perkembangan nilai agama dan budi pekerti yaitu dalam hal tata krama seperti anak tidak dapat menghormati guru, anak sering berkata kotor, anak belum terbiasa mengucapkan “permisi” ketika di depan orang, anak belum terbiasa mengucapkan “tolong” ketika butuh bantuan guru dan temannya, anak belum terbiasa mengucapkan “maaf” ketika tidak sengaja menyakiti temannya, dan belum terbiasa mengucapkan “terimakasih” ketika diberi bantuan. Oleh karena itu, sangat penting menanamkan nilai tata krama sejak dini, salah satunya dengan menggunakan media Monopoly of Manners. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Menghasilkan media Monopoly of Manners yang layak sebagai media pembelajaran untuk menananmkan nilai tata krama pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kauman. (2). Mengetahui kelayakan media Monopoly of Manners untuk anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kauman. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation dan (5) evaluation. Instrumen pengumpulan data ini berupa angket validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi kepraktisan media. teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media diperoleh hasil 88% adalah layak digunakan meskipun ada revisi, hasil validasi ahli materi diperoleh hasil 96% adalah layak digunakan tanpa revisi.dan validasi kepraktisan media diperoleh hasil 78% layak digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil memiliki rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 56,25% cukup efektif dan layak digunakan. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar memiliki rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 77% efektif dan sangat layak digunakan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media Monopoly of Manners yang dihasilkan tersebut layak dan praktis sebagai media pembelajaran untuk menanamkan nilai tata krama anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kauman Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206212044 TRILANTIKA RETNA SARI
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:18
Last Modified: 14 Jul 2025 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59514

Actions (login required)

View Item View Item