MIFTAKHUN NIZAR, 2817133108 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IVMI DARUSSALAM PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (306kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Pikatan”. Ditulis oleh Miftakhun Nizar NIM: 2817133108. pembimbing: Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci : Model, Cooperative Learning jigsaw, Hasil Belajar, Akidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak di MI Darussalam Pikatan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang Beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT. Kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada guru saja, sedangkan peserta didik hanya sebagai pendengar. Disamping itu ditemukan bahwa pembelajaran masih menggunakan metode konvesional. Dalam penelitian ini peneliti melakukan inovasi pembelajaran yang belum pernah dilakukan sebelumnya yakni menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw untuk mengatasi masalah tersebut yang secra langsung berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar AqidahAkhlak peserta didik kelas IV MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan Iman Kepada Kitab-kitab Allah pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Pikatan? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan Iman Kepada Kitab-kitab Allah peserta didik kelas IV MI Darussalam Pikatan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan Iman Kepada Kitab-kitab Allah pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Pikatan, 2) Untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan Iman Kepada Kitab-kitab Allah peserta didik kelas IV MI Darussalam Pikatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini meliputi : 1. Tahap perencanaan (Plan), 2. Tahap pelaksanaan (action), 3. Tahap observasi (Observe), 4. Tahap refleksi (Reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Sedangkan metode wawancara observasi, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Akidah Akhlak, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw yang diterapkan dapat menyelesaikan masalah peserta didik dalam belajar Akidah Akhlak yang secara langsung juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar mengalamai peningkatan, mulai dari tes observasi awal, tes siklus I dan tes siklus II yaitu hasil prosentase ketuntasan peserta didik pada tes observasi awal sebesar 38,89% hasil prosentase ketuntasan peserta didik siklus I mengalami peningkatan menjadi 66,67% kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu sebesar 88,89%. Berdasarkan paparan data, temuan penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar Akidah Aklak peserta didik kelas IV MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133108 MIFTAKHUN NIZAR |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 01:25 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 01:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5956 |
Actions (login required)
View Item |