PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI MIN 1 TULUNGAGUNG

SA'ADATIN NISA', 126205212125 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Sa’adatin Nisa’, NIM 126205212125, Pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kemampuan Berfikir Kreatif Konteks penelitian ini adalah bahwa pada saat proses pembelajaran siswa cenderung kurang antusias terhadap pelajaran. Siswa juga cenderung masih sulit untuk menemukan ide baru yang dapat digunakan untuk memunculkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan tugas dan permasalahan yang dihadapi. Siswa menjadi pasif ketika mengikuti proses pembelajaran, ditambah lagi guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Perlu adanya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran ketika proses pembelajaran berlangsung. Sehingga munculah penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di MIN 1 Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di MIN 1 Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di MIN 1 Tulungagung? 3) Bagaimana kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di MIN 1 Tulungagung?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah Untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, dan kendala serta solusi dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di MIN 1 Tulungagung Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: mereduksi data, penyajian dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan ketekukan pengamatan dan triangulasi untuk menguji keabsahan data yang sudah didapatkan. Prosedur penelitian yang dilakukan melalui tahap sebelum ke lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penulisan laporan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Perencanaan meliputi persiapan madrasah, menyiapkan jadwal, menyiapkan perangkat pembelajaran dan kesiapan pengetahuan guru tentang model pembelajaran berbasis proyek. 2) Pelaksanaan meliputi diskusi menentukan pertanyaan dasar, melakukan perencanaan, menentukan batas waktu, memonitoring proyek siswa, menguji hasil, dan evaluasi pembelajaran proyek. 3) Kendala dan Solusi meliputi kendala pengalaman dan pengetahuan guru dengan solusi evaluasi pembelajaran dan sharing bersama, kendala fasilitas pendukung dari madrsah yang kurang memadai dengan solusi memberikan anggaran untuk memfasilitasi pembelajaran proyek, kendala siswa masih kesulitan menemukan hal baru untuk menyelesaikan tugasnya dengan solusi yang dilakukan guru memberikan lebih banyak perhatian dan tambahan materi dengan kuis-kuis kecil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212125 SA'ADATIN NISA'
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:00
Last Modified: 17 Jul 2025 06:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59560

Actions (login required)

View Item View Item