STRATEGI GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI PAUD BABUSSALAM PANDEAN DURENAN TRENGGALEK

FINDA EFITANIA, 17206163050 (2022) STRATEGI GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI PAUD BABUSSALAM PANDEAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (929kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Melatih Kemandirian Belajar Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun Di PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek “ini ditulis oleh Finda Efitania NIM 17206162050, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M. Psi. Kata kunci: Kemandirian emosional, kemandirian perilaku , kemandirian nilai Penelitian ini dilatar belakangani dari ketertarikan peniliti terhadap kemandirian belajar bagi anak usia dini umur 5-6 tahun. Bahwa kemandirian anak usia dini berarti kemampuan seseorang untuk melakukan, dan merasakan sesuatu untuk mengatasi masalah, mengerjakan tugas, melakukan fisik dan mengambil keputusan dengan tingkat kemampuan yang tinggi Maka, kemandirian memang sangat penting dimiliki oleh setiap anak karena dengan anak mempunyai sikap mandiri akan membantu anak untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan sendiri. Untuk itu permasalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah upaya guru melatih kemandirian anak. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang strategi guru dalam melatih kemandirian belajar anak umur 5-6 tahun di kelompok C2 PAUD Babualam Pandean Durenan Trenggalek. Fokus penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemandirian emosional anak usia dini umur 5-6 tahun di Paud Babussalam Pandean Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemandirian perilaku anak usia dini umur 5-6 tahun di Paud Babussalam Pandean Durenan Trenggalek? (3)Bagaimana strategi guru dalam meningkkan kemandirian nilai anak usia dini umur 5-6 tahun di Paud Babussalam Pandean Durenan Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian emosional, kemandirian perilaku, kemandirian nilai di kelompok C2 PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian adalah PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek, dimana kehadiran peneliti secara optimal dilakukan saat penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dengn menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneti diantaranya yaitu : (1) kemandirian emosional di PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek dilakukan dengan memanfaatkan koordinasi antara kepala sekolah dengan guru, guna merumuskan tujuan pelaksanaan metode ini, yakni agar siswa mampu mengembangkan pembelajaran yang baik dan benar serta menumuhkan rasa percaya diri (2)kemandirian perilaku anak usia dini di PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek yaitu mengunakan strategi melalui pemahaman tentang kemandirian perilaku, mengunakan metode pembiasaan untuk mengimplementasikan strategi. Menggunakan berbagai media pembelajaran dan kerjasama dengan orang tua guna menanamkan sikap mandiri terhadap anak (3) kemandirian nilai di PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek dengan cara melatih kemandirian belajar yang didapatkan selama pembelajaran berlangsung sudah menunjukkan hasil yang sangat baik. Diantaranya adalah senantiasa menerapkan nilai-nilai kemandirian di sekolah ataupun luar sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163050 FINDA EFITANIA
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:20
Last Modified: 21 Jul 2025 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59732

Actions (login required)

View Item View Item