PENERAPAN MODEL ACTION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NU INSAN CENDEKIA

DEVI NOR ANITASARI, 126205212099 (2025) PENERAPAN MODEL ACTION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NU INSAN CENDEKIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (868kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena menurunnya karakter tanggung jawab siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di berbagai sekolahan tingkat dasar. Penyebab turunnya karakter tanggung jawab tersebut karena masih terdapat banyak siswa yang lalai terhadap tugasnya. Sementara itu, peneliti menemukan adanya karakter tanggung jawab siswa yang sudah bagus dan tinggi di SD NU Insan Cendekia. Siswa di sekolahan tersebut, memiliki karakter tanggung jawab yang tinggi dikarenakan guru menerapkan model action learning pada saat pembelajaran Pendidikan Pancasila. Fokus penelitian ini meliputi 1) Bagaimana gambaran pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD NU Insan Cendekia?, 2) Bagaimana gambaran karakter tanggung jawab siswa di SD NU Insan Cendekia?, 3) Bagaimana pelaksanaan model action learning untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD NU Insan Cendekia?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih pada kelas IV Uhud dan kelas IV Aqobah. Peneliti menggunakan teknik penggalian data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SD NU Insan Cendekia, para guru merancang pembelajaran dengan menyesuaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembelajaran Pendidikan Pancasila. Siswa di SD NU Insan Cendekia memiliki karakter tanggung jawab yang tinggi, ditunjukkan seperti adanya siswa yang mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi dari guru, mengumpulkan tugas tepat waktu, melaksanakan piket sesuai jadwalnya, serta menjalankan peraturan dengan tertib. Guru di SD NU Insan Cendekia mendesain pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan mengintegrasikan pemecahan masalah yang nyata. Para guru di SD NU Insan Cendekia menggunakan pendekatan yang berpusat terhadap siswa pada saat pembelajaran, salah satunya yaitu menggunakan model action learning. Hal ini menjadikan siswa lebih aktif dan merasa mempunyai peran yang penting. Sehingga siswa lebih bertanggung jawab dalam menyelasaikan tugas yang diperoleh. Selain itu, siswa dapat menerima dan menjalankan sanksi yang diberikan oleh guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212099 DEVI NOR ANITASARI
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:58
Last Modified: 21 Jul 2025 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59768

Actions (login required)

View Item View Item