LAILATUL FITRI, 126205212108 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA MI NURUL ISLAM SUMBERGEMPOL DAN SDIT AL ASROR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (921kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Lailatul Fitri. 2025. “Pengembangan Media Boneka Jari pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada Siswa MI Nurul Islam Sumberempol dan SDIT Al-Asror Tulungagung .” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtiayah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaggung. Pembimbing Skripsi: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata kunci : Pengembangan, Media Boneka Jari, Pendidikan Pancasila Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan media pembelajaran boneka jari di MI Nurul Islam Sumbergempol dan SDIT Al-Asror. Media berperan penting pada proses kegiatan belajar mengajar, sebagai alat perantara dalam menyampaikan materi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada sekolah keduanya media yang digunakan pada proses pembelajaran berupa buku dan biasanya sesekali video, beberapa peserta didik cenderung merasa bosan dan kurang memperhatikan apa yang dijelaskan pendidik sehingga dibutuhkan solusi yaitu, salah satunya dengan menyediakan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat mendukung proses pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Mengetahui desain pengembangan media boneka jari pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, 2) Menjelaskan langkah langkah pengembangan media boneka jari pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, 3) Mengetahui efektivitas media boneka jari dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa MI Nurul Islam Sumbergempol dan SDIT Al Asror Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R & D (Research and Development). Model pengembangan pembelajaran yang disusun dalam penelitian ini mengacu pada jenis pengembangan Borg&Gall, yang terdiri beberapa tahapan yaitu: 1) Analisis kebutuhan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk, 4) Validasi produk, 5) Revisi Produk, 6) Uji Coba Kelompok kecil, 7) Revisi hasil uji coba produk, 8) Uji Coba Kelompok besar, dan 9) Penyempurnaan Produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) Media pembelajaran dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa media pembelajaran boneka jari yang terbuat dari bahan velboa berdasarkan rancangan storyboard. (2) Tahap pengembangan meliputi membuat desain produk menjadi produk jadi, kemudian dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi serta revisi berdasarkan saran ahli selanjutnya media boneka jari diimplementasikan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. (3) Efektivitas media boneka jari dari hasil data angket siswa dengan pada nilai rata-rata sebesar 27,1 mengalami peningkatan setelah menggunakan media mencapai 38,68 artinya hasil penelitian tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan media pembelajaran boneka jari efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212108 LAILATUL FITRI |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 06:38 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 06:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |