PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK DAN GAYA KELAS VII SMP SWASTA SE-KECAMATAN KEPUNG

RAHMA FITRIANA, 12211193101 and MUHAMMAD LUQMAN HAKIM ABBAS, 198802172023211025 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK DAN GAYA KELAS VII SMP SWASTA SE-KECAMATAN KEPUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak dan Gaya Kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Kepung” ini ditulis oleh Rahma Fitriana, NIM 12211193101, pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata kunci: motivasi, hasil belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL) Penelitian ini dilaksanakan di SMP Hamalatul Quran Ringinagung yang dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa . Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran, siswa tidak memperhatikan guru saat mengajar dan suasana kelas yang kurang kondusif hal itu terjadi akibat kurangnya motivasi belajar siswa dan juga penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga mengakibatkan pembelajaran menjadi tidak efektif, siswa tidak memiliki ketertarikan dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran siswa lebih memilih untuk bermain atau bersikap pasif dalam proses pembelajaran sehingga hasil pencapaian dalam pembelajaran kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa pada materi Gerak dan Gaya siswa kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Kepung. (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi Gerak dan Gaya siswa kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Kepung. (3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Gerak dan Gaya siswa kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Kepung. Pendekatan penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Experimental dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Kepung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling bertujuan khusus (purposive sampling). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Hamalatul Quran Ringinagung yang terdiri dari kelas VII A dengan jumlah 13 siswa dan kelas VII B dengan jumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu (1) uji instrumen (uji validitas dan reabilitas (2) uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) (3) uji hipotesis (uji-t dan uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa pada materi gerak dan gaya kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Kepung. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak dan gaya kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Kepung. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi gerak dan gaya kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Kepung. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193101 RAHMA FITRIANA
Date Deposited: 19 Dec 2025 02:34
Last Modified: 19 Dec 2025 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60077

Actions (login required)

View Item View Item