DAFFA MUSTIKA SURYADINATA, 126402212132 (2025) DETERMINASI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIA STANDAR (QRIS) SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Mie Gacoan Tulungagung). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Determinasi Keputusan Konsumen Dalam Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital Dalam Perspektif Ekonomi Syariah: (Studi Kasus Mie Gacoan Tulungagung)” ini ditulis oleh Daffa Mustika Suryadinata, NIM. 126402212132, Pembimbing Nadia Roosmalitasari S. Pd., M. Kom. Kata kunci: Efisiensi, Keamanan, Risiko, Keputusan Penggunaan. Perkembangan teknologi telah mendorong perubahan dalam sistem pembayaran. Salah satu inovasi digitalisasi pembayaran adalah QRIS sebagai alat pembayaran digital yang semakin populer di Indonesia serta membawa dampak yang signifikan. Penggunaan QRIS telah meluas di berbagai sektor, termasuk usaha kecil dan menengah. Munculnya pembayan digital yang semakin canggih juga perlu dipertimbangkan. Meskipun kehadiran QRIS diakui membawa berbagai manfaat, namun ada beberapa tantangan yang perlu diperhatikan terkait penggunaannya. Tiga variabel utama yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah efisiensi, kemanan dan risiko. Karena keputusan konsumen untuk menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran digital, dipengaruhi oleh persepsi konsumen terhadap ketiga faktor-faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen, dengan menitikberatkan pada ketiga variabel. Penelitian ini juga ingin mengkaji sejauh mana ketiga variabel ini saling mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran digital di Mie Gacoan Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability sampling dengan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dengan yang disebarkan kepada konsumen. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden konsumen Mie Gacoan Tulungagung. Tahap selanjutnya, data kuesioner diuji dengan regresi linier berganda. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) X1, X2, X3 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y; (2) X1 secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Y; (3) X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y; (4) X3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. Angka R Square menunjukkan bahwa 9,6% variasi Keputusan Penggunaan bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 90,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Promosi Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > Uang |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126402212132 DAFFA MUSTIKA SURYADINATA |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:23 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |