STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI MIN 2 BLITAR

NIKEN NUR ATIKA, 126205211048 (2025) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (689kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam menanamkan Nilai Pendidikan Karakter melalui Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Rupa di MIN 2 Blitar” ini ditulis oleh Niken Nur Atika, NIM 126205211048. Dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Strategi guru, Menanamkan Karakter, Project Based Learning, Seni Rupa Teknologi yang semakin berkembang pesat saat ini mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam dunia pendidikan. Teknologi menawarkan beragam kemudahan dan aksesibilitas informasi yang tak terbatas, membawa dampak positif signifikan dalam proses pembelajaran, seperti peningkatan efisiensi, personalisasi pembelajaran, dan perluasan jangkauan edukasi. Namun, di balik kemajuan tersebut, muncul pula berbagai tantangan dan dampak negatif yang perlu diwaspadai, khususnya terhadap pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini mengkaji bagaimana teknologi merasuk dalam kehidupan peserta didik dan berkontribusi pada menurunkan interaksi sosial, dan melemahkan nilai karakter. Teknologi membuat terbentuknya sifat individualis, ketertarikan dengan budaya asing dan menyukai sesuatu yang instan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan madrasah adalah melalui pembelajaran dengan pemilihan model yang tepat berbasis karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana Strategi Guru dalam menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Gotong Royong melalui Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Rupa di MIN 2 Blitar?, (2) Bagaimana Strategi Guru dalam menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air melalui Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Rupa di MIN 2 Blitar?, (3) Bagaimana Strategi Guru dalam menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Kreatif melalui Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Rupa di MIN 2 Blitar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanaman nilai pendidikan karakter gotong royong, cinta tanah air dan kreatif pada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran seni rupa menggunakan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. peneliti berangkat langsung ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan empat teknik yaitu: triangulasi yaitu sumber, teknik, dan waktu, perpanjangan waktu penelitian, meningkatkan ketekunan dan pengecekan anggota. Analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan temuan yang telah dianalisis. Sampling pada penelitian kualitatif harus bertujuan dan menjaring sebanyak mungkin informasi, dalam penelitian sampling bertujuan adalah seluruh peserta didik kelas IV yang terdiri dari kelas IVA 26, IVB 27, IVC 28 dan IVD 29 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi guru dalam menanamkan nilai karakter gotong royong melalui model PjBL pada pelajaran seni rupa adalah dengan pemilihan strategi kooperatif atau kelompok untuk mendorong kerjasama, membagi peserta didik secara heterogen yang memungkinkan dalam satu kelompok memiliki kemampuan beragam, guru menempatkan diri sebagai fasilitator yang memantau secara berkala proses interaksi dan komunikasi serta melakukan refleksi dan evaluasi berfokus pada penilaian proses yaitu aspek gotong royong. (2) Strategi guru dalam menanamkan nilai karakter cinta tanah air melalui model PjBL pada pelajaran seni rupa adalah dengan pemilihan tema proyek yang dikaitkan dengan isu atau budaya lokal dan guru melakukan pengenalan tema yang dapat membangkitkan ketertarikan. (3) Strategi guru dalam menanamkan nilai karakter kreatif melalui model PjBL pada pelajaran seni rupa adalah dengan pemilihan strategi kooperatif atau kelompok untuk mendorong pertukaran ide, kebebasan pemilihan sumber daya atau bahan karya yang sesuai desain, Pemberian reward untuk hasil karya terbaik, dan emberian tantangan berupa keterbatasan waktu untuk melatih kecepatan dan ketepatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dipilih guru seni rupa untuk diterapkan dalam pembelajaran dan cocok diintegrasikan dengan PjBL dapat membantu tertanamnya ketiga karakter tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211048 NIKEN NUR ATIKA
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:15
Last Modified: 07 Aug 2025 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60113

Available Versions of this Item

  • STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI MIN 2 BLITAR. (deposited 07 Aug 2025 03:15) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item