DWI PUTRI WAHYU AMINATUS SHOLIKHAH, 12201183124 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU TERPUJI PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk Perilaku Terpuji Peserta Didik di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung Tahun Pelajaran 2023” yang ditulis oleh Dwi Putri Wahyu Aminatus Sholikhah, NIM 12201183124 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. St. Noer Farida Laila, M.A. NIP.197201151999032002. Kata Kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Perilaku Terpuji Penelitian ini dilatarbelakangi karena, disekokah tersebut sudah diterapkannya mengenai perilaku terpuji kejujuran, sopan santun dan tolong menolong, akan tetapi belum bisa maksimal karena sebelumnya pembelajaran pada saat pandemi lebih banyak daringnya, dan peneliti berkeyakinan bahwa guru akidah akhlak bisa membentuk perilaku terpuji bagi peserta didik lagi dengan maksimal biar bisa menjadi penerus bangsa yang cerdas, jujur, bertanggung jawab dan berakhlakul karimah. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : 1.Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk perilaku terpuji kejujuran peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung? 2. Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk perilaku terpuji sopan santun peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung? 3. Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk perilaku terpuji tolong menolong peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data, menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian kualitatif ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik Data yang dianalisis tersebut akan diuji keabsahannya dengan triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. Strategi guru akidah akhlak dalam membentuk perilaku terpuji kejujuran peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding dilakukan dengan melakukan Pembiasaan, Nasihat dan keteladanan. 2. Strategi guru akidah akhlak di MTs Darussalam Ariyojeding untuk membentuk perilaku sopan santun peserta didik dilakukan dengan selalu memberikan bimbingan konseling agar peserta didik selalu berperilaku dan bertutur kata yang baik serta melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler seperti solat dhuha, tadarus Al-Qur’an, menerapkan sistem 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan Santun). 3. Dalam membentuk perilaku tolong menolong peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding, guru mempunyai strategi berupa pemberian contoh dan teladan mengenai perilaku tolong menolong dalam berbagai hal apapun dan pemberian nasihat akan pentingnya tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183124 DWI PUTRI WAHYU AMINATUS SHOLIKHAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:32 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |